Share

Kabur dari Penjara Uruguay, 'Raja Kokain' Italia Ditangkap di Brasil

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 27 Mei 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 18 2416208 kabur-dari-penjara-uruguay-raja-kokain-italia-ditangkap-di-brasil-dkUEKbCorl.jpg Foto: Reuters.

BRASILIA – Seorang bos mafia Italia yang dikenal sebagai "raja kokain" ditangkap di Brasil pekan ini. Rocco Morabito, pemimpin mafia 'Ndrangheta ditangkap pada Senin (24/5/2021) di Joao Pessoa, timur laut Brasil setelah penyelidikan bersama polisi federal Italia dan Brasil.

Penangkapan itu terjadi dua tahun setelah Morabito melarikan diri dari penjara Uruguay, di mana dia menunggu ekstradisi ke Italia.

BACA JUGA: Akan Diekstradisi, Raja Kokain Italia Melarikan Diri dari Penjara Uruguay

Menurut kantor berita Italia ANSA, pihak berwenang Italia dan Amerika Serikat (AS) juga terlibat dalam penangkapan kapten mafia tersebut.

"Ada catatan keterlibatan Rocco Morabito dalam [...] perdagangan narkoba antara Brasil dan Eropa sejak 1990-an," kata polisi Brasil sebagaimana dilansir Sputnik.

Morabito dituduh mengangkut narkoba ke Italia dan menjualnya di Milan dan mencoba mengimpor 592 kg kokain dari Brasil pada 1992, dan 630 kg pada 1993.

BACA JUGA: Anggota DPR Argentina Tewas Setelah Ditembak dalam Serangan "Ala Mafia"

Morabito, yang dicari di Italia atas tuduhan perdagangan narkoba dan telah dijatuhi hukuman 30 tahun penjara di Italia in absentia, terakhir ditangkap pada September 2017 setelah hidup dengan identitas palsu selama 13 tahun di Uruguay.

Namun pada Januari 2019, pemimpin gerombolan tersebut dan tiga narapidana lainnya berhasil melarikan diri melalui lubang di atap penjara. Pelarian pada saat itu memicu pengunduran diri kepala polisi Uruguay.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini