Sebulan Demo di Kolombia, Belum Jelas Kapan Berakhir

Agregasi VOA, · Jum'at 28 Mei 2021 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 18 2416680 sebulan-demo-di-kolombia-belum-jelas-kapan-berakhir-2XFYpQ3P7d.jpg Aksi protes anti-pemerintah di Kolombia (Foto: Reuters)

KOLOMBIA - Kolombia menandai sebulan penuh protes anti-pemerintah yang telah merenggut puluhan nyawa dan menuai kecaman internasional pada Jumat (28/5). Pengamat khawatir karena tidak ada tanda-tanda protes akan segera berakhir.

Demonstran pertama kali turun ke jalan pada 28 April lalu menentang usul kenaikan pajak. Menurut banyak warga Kolombia akan membuat mereka semakin miskin sementara pandemi virus corona menyebabkan mereka mengalami pemutusan hubungan kerja dan mereka kini hidup dari uang tabungan.

(Baca juga: Israel Menolak, Hamas Sambut Baik Keputusan PBB Selidiki Konflik Israel-Palestina)

Situasi itu memicu mobilisasi anti-pemerintah yang luas oleh orang-orang yang marah karena merasa dibiarkan berjuang sendiri dalam menghadapi krisis kesehatan, dan atas tanggapan keras pasukan keamanan. Sebagian orang khawatir rasa dendam akan terus memicu pemberontakan di negara yang akrab dengan konflik kekerasan dan ketidaksetaraan sosial yang mendalam itu.

Kolombia masih belum pulih dari perang saudara hampir 60 tahun. Kekerasan terus terjadi di sana, dipicu perang narkoba dan pejuang pembangkang yang menolak kesepakatan damai 2016.

 (Baca juga: Indonesia-Swedia Teken Perjanjian Kerja Sama Pemeliharaan Kapal Perang)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini