Basarnas : 1 Penumpang KM Karya Indah Masih Dalam Pencarian

Felldy Utama, iNews · Minggu 30 Mei 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 340 2417424 basarnas-1-penumpang-km-karya-indah-masih-dalam-pencarian-xuneGjXCB4.jpg Evakuasi penumpang KM Karya Indah (foto: Dok Basarnas)

JAKARTA - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Ternate, M. Arafah menyebut ada satu korban dari KM. Karya Indah yang masih dalam pencarian dari timsar. Diketahui, kapal tersebut mengalami kebakaran di Perairan Lifamatola, Kabupaten Kepulaun Sula, Ternate.

"1 orang masih dalam pencarian atas nama Deki Hidayat laki-laki umur 43 tahun," kata Arafah dalam keterangan videonya yang diterima MNC Portal Indonesia, Minggu (30/5/2021).

Baca juga;  Basarnas : KM Karya Indah Angkut 275 Orang saat Terbakar

Arafah menyampaikan, pihaknya telah mendapatkan laporan terbaru terkait jumlah korban kapal KM Karya Indah dari posko timsar gabungan di Pelabuhan Sanana. Data ini telah dimutakhirkan pada pukul 19.25 WIT.

"Jumlah korban dari kapal KN Karya Indah berjumlah 275 orang," kata Arafah.

Baca juga: Proses Evakuasi KM Karya Indah Selesai, KSOP Pastikan Semua Penumpang Selamat

Dia memastikan dari jumlah tersebut, 274 diantaranya telah dievakuasi timsar dalam keadaan selamat. Adapun rinciannya; korban berjenis kelin laki-laki sebanyak 128 orang, perempuan 97 orang, anak-anak 35 orang, anak buah kapal (ABK) sebanyak 14 orang.

 

Sebelumnya, Tim reaksi cepat atau Quick Response Team (QRT) dari Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui KSOP Kelas II Ternate dan UPP Sanana serta unsur SAR terkait mengevakuasi para penumpang kapal KM Karya Indah yang terbakar di Perairan Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara pada Sabtu (29/5) pukul 07.00 WIT.

Kepala KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona mengungkapkan saat ini proses evakuasi terhadap 14 Anak Buah Kapal (ABK) dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat.

KM Karya Indah diketahui melakukan perjalanan dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Sanana. Namun, di tengah perjalanan kapal tiba-tiba mengalami insiden kebakaran.

“Belum diketahui penyebab terbakarnya kapal tersebut, kami fokus terhadap proses evakuasi para penumpang dan awak kapal,” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini