Ngerinya Pemilu di Meksiko, Potongan Kepala Dilempar ke TPS, Mayat Manusia Ditemukan

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 07 Juni 2021 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 18 2421261 ngerinya-pemilu-di-meksiko-potongan-kepala-dilempar-ke-tps-mayat-manusia-ditemukan-ftgPsvkvDl.jpg Anggota Garda Nasional Meksiko berjaga di lokasi penemuan kantong plastik berisi potongan mayat manusia dekat tempat pemungutan suara di Tijuana, Meksiko, 6 Juni 2021. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY - Seorang pria melemparkan kepala manusia yang terpenggal di tempat pemungutan suara di kota perbatasan Tijuana pada Minggu (6/6/2021) dan kantong plastik berisi bagian tubuh ditemukan di dekatnya, kata pihak berwenang setempat. Insiden ini terjadi ketika warga Meksiko memberikan suara di seluruh negeri dalam pemilihan umum (pemilu) paruh waktu.

Pihak berwenang mengatakan pria itu melarikan diri, tetapi mereka tidak merinci apakah dia berhasil ditangkap. Mereka mengatakan menemukan kantong plastik dengan potongan mayat manusia dan tangan yang terputus di daerah itu.

BACA JUGA: Sadis! Geng Narkoba Meksiko Pajang Potongan Tubuh Musuh di Kap Mobil

Tidak segera jelas pesan apa yang ingin disampaikan oleh tindakan mengerikan itu dan bagaimana hubungannya dengan pemilihan pada Minggu.

Kampanye untuk anggota parlemen dan otoritas negara telah menjadi salah satu yang paling berdarah dalam sejarah Meksiko baru-baru ini. Konsultan keamanan Etellekt mengatakan 97 politisi tewas dan 935 diserang.

Di tempat lain pada hari pemungutan suara, seseorang melemparkan granat tidak aktif ke tempat pemungutan suara di Negara Bagian Mexico, kata pihak berwenang. Seorang pemilih, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters bahwa kerumunan itu bubar tetapi kemudian kembali.

"Orang-orang mengatakan bahwa mereka akan memilih, dan bahwa mereka tidak akan diintimidasi," kata orang itu, menambahkan bahwa dia telah memberikan suaranya. "Itu buruk."

Di Sinaloa, orang-orang bersenjata merampok materi pemilu dari tempat pemungutan suara, kata seorang sumber di kantor kejaksaan negara bagian.

BACA JUGA: Meksiko Dinobatkan Sebagai Negara Paling "Mematikan" untuk Jurnalis

Semua 500 kursi di majelis rendah Kongres federal, 15 gubernur negara bagian dan ribuan posisi kepemimpinan lokal diperebutkan, dengan 93,5 juta orang Meksiko berhak memilih.

Erik Ulises Ramirez, seorang kandidat dari partai oposisi sayap kiri Gerakan Warga yang selamat dari upaya pembunuhan bulan lalu di Cocula, negara bagian Guerrero, mengatakan dua sekutunya telah diculik, dipukuli dan kemudian dibebaskan pada Minggu.

Analis keamanan mengatakan sebagian besar kekerasan pemilu cenderung terjadi di tingkat kota, di mana geng memberikan tekanan untuk mempengaruhi hasil pemilu dengan harapan mendapatkan kontrol lebih besar atas perdagangan narkoba dan kejahatan kriminal lainnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini