Korban Tabrakan KA Ekspress Pakistan Bertambah, 40 Orang Tewas 100 Luka-Luka

Agregasi VOA, · Senin 07 Juni 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 18 2421533 korban-tabrakan-ka-ekspress-pakistan-bertambah-40-orang-tewas-100-luka-luka-6Vpblewowk.jpg Foto: Reuters.

ISLAMABAD - Jumlah korban cedera pada Senin (7/6/2021) dalam tabrakan kereta api di Pakistan Selatan telah meningkat menjadi lebih dari 100 orang, kata Mohammad Usman Abdullah, seorang pejabat di Distrik Ghotki, Provinsi Sindh. Sedikitnya 40 orang tewas dalam kecelakaan itu.

Menurut para pejabat, lebih dari 1.000 orang menumpangi kedua kereta itu.

BACA JUGA: Tabrakan 2 Kereta Ekspress Tewaskan Setidaknya 30 Orang, Puluhan Luka-Luka

Petugas penyelamat masih sibuk mengeluarkan penumpang yang terperangkap di dalam gerbong, khawatir jumlah korban tewas masih mungkin bertambah, kata Abdullah kepada wartawan setempat.

Menteri Informasi Pakistan Fawad Chaudhry mengemukakan dalam sebuah pernyataan bahwa terlalu dini untuk menyatakan apakah kecelakaan itu terjadi karena kesalahan teknik, kelalaian atau sabotase, tetapi semua aspek sedang diselidiki.

Muhammad Amin, seorang penumpang dan saksi mata mengatakan, kereta yang mengarah ke Punjab tergelincir dan kereta Sir Syed yang datang dari Punjab menabraknya. Tujuh hingga delapan gerbong hancur, banyak penumpang masih terperangkap dan penyelamatan dimulai 3 jam setelah tabrakan, katanya.

Pihak berwenang menyatakan Millat Express, kereta penumpang yang dioperasikan tiap hari oleh Pakistan Railways, tergelincir dan meluncur ke jalur Sir Syed Express yang datang mendekat di dekat Dharki, kota di Distrik Ghotki.

BACA JUGA: Kecelakaan Kereta Mesir Tewaskan 23 Orang, 139 Luka-Luka

Laporan media, pada Senin pagi menyebutkan para petugas darurat mengalami kesulitan menyelamatkan orang-orang dari gerbong-gerbong kereta yang terbalik.

Abdullah mengatakan kepada Geo News bahwa operasi penyelamatan itu merupakan “tugas menantang” dan bahwa “akan perlu waktu” dalam menggunakan peralatan berat untuk mengeluarkan para penumpang yang masih terperangkap di dalam kereta.

PM Imran Khan menulis cuitan bahwa ia “terguncang oleh kecelakaan kereta api yang mengerikan” dan memerintahkan “investigasi menyeluruh terhadap masalah keselamatan rel kereta api.” Tentara dan pasukan paramiliter Pakistan berada di lokasi dan membantu upaya-upaya penyelamatan dan bantuan untuk warga sipil. (dka)

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini