Kilang Pertamina di Cilacap Terbakar saat Hujan Deras

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 11 Juni 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 512 2423896 kilang-pertamina-di-cilacap-terbakar-saat-hujan-deras-JiuIt3VHNl.jpeg Kilang Pertamina Cilacap terbakar. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Section Head Kilang Paracilin PT. Pertamina RU IV Cilacap, Titok Dalimunthe mengatakan, kebakaran Tangki T39 di Komplek Kilang Pertamina di Cilacap, terjadi saat hujan deras.

“Cuaca di lokasi TKP hujan deras,” ujar Titok dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Jumat (11/6/2021). 

Tito mengatakan, waktu kejadian masih belum bisa dipastikan karena masih berkoordinasi dengan pihak Pertamina. Termasuk, penyebab kebakaran juga belum diketahui.

Baca juga: Penampakan Detik-Detik Tangki Pertamina di Kilang Cilacap Terbakar

“Untuk penyebab masih dalam proses penyelidikan oleh pihak HSSE Pertamina RU IV Cilacap,” ujarnya. 

Sebelumnya, Aea Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap, Hatim Ilwan mengatakan, kebakaran yang terjadi pukul 19.45 WIB, Jumat (11/6/2021) itu berhasil dipadamkan. Sebanyak 50 orang pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk memadamkan api dengan penyemprotan foam. 

“Saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman sisa api di area bundwall. Upaya pendinginan juga masih terus dilakukan untuk mencegah api timbul kembali,” ujarnya.

Baca juga: Pertamina Klaim Berhasil Kendalikan Kebakaran di Area Kilang Cilacap

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah. 

Meskipun terjadi kebakaran, Pertamina memastikan pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat tetap aman.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini