Gunung Merapi Semburkan Wedus Gembel Sejauh 2 Km Pagi Ini

Suharjono, Koran SI · Kamis 17 Juni 2021 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 510 2426534 gunung-merapi-semburkan-wedus-gembel-sejauh-2-km-pagi-ini-jT9pbyxx1n.jpg Gunung Merapi (Foto: Antara)

YOGYAKARTA - Gunung Merapi terus saja menunjukkan aktivitas vulkanik yang tergolong tinggi. Kamis (17/6/2021) pagi, gunung yang berada di perbatasan antara DIY dan Jawa Tengah ini kembali menyemburkan awan panas atau wedus gembel sejauh 2km.

Kepala Balai Penyelidikan dan pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG ) Hanik Humaida mengatakan, awan panas guguran pagi ini terjadi pada pukul 7.10 WIB. Awan ddngan suhu sangat tinggi ini tercatat di seismogram dengan amplitudo 16 mm dan durasi 191 detik.

"Jarak luncur 2000 meter atau 3 km ke arah barat daya," terangnya di Yogyakarta.

Baca Juga:  Riwayat Erupsi Merapi Dua Dekade Terakhir

Dijelaskannya, hari sebelumnya Merapi 22 ksli lava pijar. Jarak luncur maksimal lava ini sejauh 1800 meter menuju barat daya. "Intensitas memang tinggi.Namun status masih siaga atau level III, " ulasnya.

Hanik berharap masyarakat menaati rekomendasi yang dikeluarkan BPPTKG terkiat jarak aman aktivitas warga." Kami harapkan ditaati. Jarak aman pada radius 5 km dari puncak," bebernya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat yang beraktivitas di alur sungai yang berhulu di lereng Merapi untuk mewaspadai kemungkinan lahar hujan atau dikenal dengan lahar dingin.

"Jika intensitas hujan di puncak tinggi, maka besar kemungkinan terjadinya lahar hujan yang membahayakan aktivitas penambangan pasir di lereng Merapi," pungkasnya.

Baca Juga: LAPAN Ragu Ada Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini