Janji Biden Kepada Israel: Iran Tak Akan Miliki Senjata Nuklir Selama Saya Menjabat

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 29 Juni 2021 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 18 2432500 janji-biden-kepada-israel-iran-tak-akan-miliki-senjata-nuklir-selama-saya-menjabat-MKydEGh2rk.JPG Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu dengan Presiden Israel Reuven Rivlin di Gedung Putih, Washington, DC, AS, 28 Juni 2021. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan komitmen dan dukungannya kepada Israel dalam pertemuan dengan Presiden Reuven Rivlin di Gedung Putih, Senin (28/6/2021). Dalam pertemuan itu, Biden juga menjanjikan bahwa Iran tidak akan memiliki senjata nuklir selama dia menjabat.

“Komitmen saya kepada Israel adalah… sangat kuat,” kata Biden kepada Rivlin pada awal pertemuan mereka di Ruang Oval. Dia mengatakan kedua pejabat itu akan membahas berbagai topik, termasuk Iran.

BACA JUGA: Erdogan: Biden "Berlumur Darah" Demi Dukung Israel

“Apa yang bisa saya katakan kepada Anda adalah bahwa Iran tidak akan pernah mendapatkan senjata nuklir selama dalam pengawasan saya,” kata Biden sebagaimana dilansir Reuters.

Pertemuan itu berlangsung hanya beberapa minggu setelah Naftali Bennett mengambil alih pemerintahan sebagai perdana menteri baru Israel, menggantikan Benjamin Netanyahu. Para pejabat AS sedang bekerja untuk mengatur pertemuan antara Biden dan Bennett dalam beberapa minggu mendatang.

“Dia akan mengundang perdana menteri Israel dalam beberapa hari ke depan untuk menemukan cara untuk maju dan bertukar pikiran,” kata Rivlin tentang Biden setelah pertemuan mereka.

BACA JUGA: Presiden Baru Iran Dukung Pembicaraan Nuklir, Tolak Bertemu Biden

Pertemuan itu terjadi di tengah kekhawatiran di Israel dan ibu kota Arab tentang upaya AS untuk memasuki kembali kesepakatan nuklir Iran karena kekhawatiran dimulainya kembali perjanjian tersebut pada akhirnya dapat memungkinkan Teheran untuk memperoleh senjata atom yang akan membuat mereka rentan terhadap intimidasi atau ancaman militer Iran. . Baca selengkapnya

Upaya AS untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran, setelah Presiden saat itu Donald Trump mengabaikannya pada 2018, lambat membuat kemajuan dengan Teheran bersikeras bahwa Amerika Serikat mencabut semua sanksi ekonomi.

Sebuah sumber yang mengetahui pertemuan Biden-Rivlin mengatakan Biden diharapkan memberi tahu Rivlin bahwa Amerika Serikat dan Israel memiliki tujuan yang sama, bahwa Iran tidak diizinkan untuk mengembangkan senjata nuklir, dan bahwa Biden akan menekankan dukungan AS untuk hak Israel untuk membela diri. diri.

Kedua pemimpin juga diperkirakan akan membahas perang 11 hari Israel dengan Gaza. Amerika Serikat telah berjanji untuk memasok kembali sistem pertahanan Iron Dome Israel, yang banyak digunakan selama konflik Gaza.

Rivlin akan meninggalkan jabatannya pada 7 Juli setelah menjabat selama tujuh tahun, dengan Ketua Badan Yahudi Isaac Herzog mengambil alih sebagai presiden Israel.

Rivlin sedang dalam perjalanan luar negeri terakhirnya sebagai presiden. Dia akan bertemu dengan pejabat di PBB di New York dan anggota parlemen kongres di Washington.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini