Share

Perancis dan Meksiko Sepakat Berantas Perdagangan Artefak

Agregasi VOA, · Jum'at 02 Juli 2021 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 18 2434223 perancis-dan-meksiko-sepakat-berantas-perdagangan-artefak-VkMspVDqC6.jpg Artefak budaya (Foto: Reuters)

PARIS - Perancis dan Meksiko menandatangani perjanjian yang berisi komitmen untuk bekerja sama memberantas perdagangan artefak budaya pada Kamis (1/7) . Rincian perjanjian itu belum dirilis.

Perjanjian ini disepakati setelah rumah lelang Christie di Paris awal tahun ini melelang patung-patung pra-Hispanik dan artefak lainnya, meskipun ada keberatan resmi yang disampaikan pemerintah Meksiko pada pemerintah Perancis terhadap penjualan itu. Karya seni itu menghasilkan lebih dari USD3 juta (Rp43 miliar).

Ketika menandatangani perjanjian kerjasama itu, kedua menteri luar negeri Perancis dan Meksiko mengakui bahwa negara mereka memiliki aturan hukum berbeda soal benda-benda budaya, tetapi berjanji akan bekerjasama di masa depan untuk memberantas perdagangan karya seni.

(Baca juga: Myanmar Ingin Beli Lebih Banyak Vaksin Covid-19 Buatan Rusia)

Rumah lelang Paris sering menjual artefak asli yang sudah ada di pasar-pasar seni, meskipun ada protes dari para aktivis yang menuntut agar karya seni itu dikembalikan ke tanah asalnya.

Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko memprotes lelang yang dilakukan Christie awal tahun ini. Koleksi yang dilelang ketika itu mencakup topeng batu berusia 1.500 tahun dari kota kuno Teotihuacan, dan patung kuno Dewi Kesuburan Cihuateotl yang tampaknya berasal dari budaya Totonac.

(Baca juga: WHO: Kerumunan Euro 2020 Picu Peningkatan Infeksi Covid-19)

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini