Share

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza, Balas Peluncuran Balon Api

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 02 Juli 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 18 2434473 israel-lancarkan-serangan-udara-ke-gaza-balas-peluncuran-balon-api-KGiONq7gU2.jpg Ilustrasi.

GAZA - Pesawat Israel membom sebuah situs Hamas di Jalur Gaza pada Kamis (1/7/2021) malam semalam sebagai balasan atas balon-balon pembakar yang diluncurkan dari daerah kantong Palestina tersebut, demikian kata militer Israel pada Jumat (2/7/2021).

Tidak ada laporan segera mengenai korban dari serangan Israel, yang menurut militer menargetkan lokasi pembuatan senjata yang digunakan oleh Hamas, faksi penguasa di Gaza.

BACA JUGA: Israel Kembali Lancarkan Serangan Udara ke Gaza, yang Kedua Setelah Gencatan Senjata

Sejak gencatan senjata 21 Mei yang mengakhiri 11 hari pertempuran Israel-Hamas, warga Palestina di Gaza secara sporadis meluncurkan balon berisi bahan pembakar melintasi perbatasan, menyebabkan kebakaran yang telah membakar ladang di Israel.

Palestina mengatakan balon-balon itu bertujuan untuk menekan Israel agar melonggarkan pembatasan di daerah kantong pantai yang diperketat selama pertempuran Mei.

Peluncuran balon telah surut setelah Israel melonggarkan beberapa pembatasan di Gaza pekan lalu. Tapi pada Kamis, balon kembali diluncurkan dari Gaza, menyebabkan setidaknya empat kebakaran di dekat kota-kota Israel di sepanjang perbatasan.

BACA JUGA: Gaza Kembali Diserang, Hamas Nyatakan Siap Melanjutkan Perlawanan

"Menanggapi tembakan balon pembakaran menuju wilayah Israel hari ini, jet tempur IDF (militer Israel) menyerang sebuah lokasi pembuatan senjata milik (milik) Hamas," kata militer dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters.

Tidak ada komentar langsung dari Hamas.

Mesir dan PBB telah meningkatkan upaya mediasi atas serangan Israel dan peluncuran balon Gaza, meskipun insiden tersebut tidak menyebabkan eskalasi yang lebih luas.

Setidaknya 250 warga Palestina dan 13 di Israel tewas dalam pertempuran Mei, saat militan Gaza menembakkan roket ke kota-kota Israel dan Israel melakukan serangan udara di daerah kantong pantai.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini