Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Tojo Una-Una Sulteng, Warga Mengungsi ke Dataran Tinggi

Tim Okezone, Okezone · Senin 26 Juli 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 340 2446366 gempa-magnitudo-6-3-guncang-tojo-una-una-sulteng-warga-mengungsi-ke-dataran-tinggi-s51IruVFj9.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Warga Ampana, Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah (Sulsel) memilih evakuasi ke dataran yang lebih tinggi. Hal ini menyusul guncangan gempa magnitudo 6,5 yang dimutakhirkan menjadi 6,3 di wilayah Tojo Una-Una pada Senin (26/7/2021) sekira pukul 20.09 Wita.

Berdasarkan rekaman video yang dilihat Okezone, tampak warga menggunakan motor dan mobil pergi ke dataran tinggi untuk evakuasi. Kondisi jalanan dipenuhi warga yang hendak mengevakuasi.

"Kondisi jalan di Ampana saat ini orang sudah naik ke dataran tinggi semua," demikian suara pria yang terdengar dalam video tersebut.

Pria itu mengatakan, hal itu lantaran gempa pada malam ini lebih kuat dibandingkan gempa yang mengguncang pada tadi siang.

Sebelumnya, berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa di wilayah Teluk Tomini merupakan gempa tektonik. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempa berkekuatan M 6,5 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi M 6,3.

Baca Juga : Gempa Tojo Una-Una, BMKG Rekomendasikan Warga Pesisir Bolaang dan Bunta Jauhi Pantai

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,77° LS; 121,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 Km," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, Senin (26/7/2021).

Bambang menerangkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi karena Sesar Lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan normal.

BMKG juga meminta warga yang terdampak gempa untuk memastikan menerima informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini