Joe Biden Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi Saat Pidato tentang Perubahan Iklim

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 31 Juli 2021 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 18 2448948 pidato-bahas-perubahan-iklim-biden-sebut-jakarta-tenggelam-10-tahun-lagi-kWten4rh76.JPG Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah menjadikan perubahan iklim sebagai salah satu agenda utamanya dan melihat isu tersebut sebagai salah satu ancaman serius tidak hanya bagi Amerika Serikat, tetapi juga dunia. Menekankan seriusnya ancaman tersebut, Biden bahkan membahas sebuah prediksi yang menyebutkan bahwa Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan akibat perubahan iklim.

“Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik 2,5 kaki (76 sentimeter), Anda akan melihat jutaan orang yang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur. Anda melihat apa yang terjadi di Afrika Utara,” kata Biden saat berpidato di Pusat Kontraterorisme Nasional AS di McLean, Virginia, Selasa (27/72021).

BACA JUGA: Bicara Perubahan Iklim, Biden Singgung RI Pindah Ibukota karena Diproyeksikan Akan Tenggelam

“Apa yang membuat kita berpikir ini tidak penting? Itu bukan tanggung jawab Anda, tetapi itu adalah sesuatu yang Anda tonton karena Anda tahu apa yang akan terjadi.”

Biden kemudian mencontohkan Jakarta sebagai kota yang diprediksi terdampak perubahan iklim dan akan tenggelam dalam waktu 10 tahun mendatang.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?,” ujarnya.

BACA JUGA: Persiapan Indonesia Hadapi Konferensi Dunia Tentang Perubahan Iklim

Jakarta telah disebut-sebut sebagai salah satu kota yang paling cepat 'tenggelam', dengan setengah dari keseluruhan kota saat ini berada di bawah permukaan air, menurut World Economic Forum. Wilayah Jakarta Utara yang sering dilanda banjir diperkirakan telah mengalami penurunan hingga 2,5 meter dalam 10 tahun.

Pembangunan yang terus menerus dilakukan juga diyakini turut berdampak pada kecepatan 'tenggelam' nya ibu kota.

Biden mengatakan bahwa perubahan iklim yang terjadi, jika tidak diantisipasi akan memunculkan perubahan dunia, yang dampaknya akan dirasakan AS.

“Apa yang akan terjadi pada doktrin strategis kita dalam 2, 5, 10, 12 tahun ke depan, ketika Anda dapat mencapai Kutub Utara tanpa pemecah es?,” ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini