Deretan Kebakaran Hutan Hebat di Berbagai Negara, Puluhan Nyawa Melayang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 15 Agustus 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 18 2455780 deretan-kebakaran-hutan-hebat-di-berbagai-negara-puluhan-nyawa-melayang-7LziwkVUx3.jpeg Kebakaran hutan di Aljazair. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pada 9 Agustus 2021, kebakaran hutan melanda Aljazair dan menewaskan 65 orang. Kasus kebakaran hutan di Aljazair bukan satu-satunya kebakaran hutan hebat yang pernah terjadi di dunia. Berikut daftar kejadian tragis akibat kebakaran hutan:

Aljazair (9 Agustus 2021)

Kebakaran hutan yang melanda Aljazair telah menewaskan 65 orang. Presiden Abdelmadjid Tebboune mengumumkan tiga hari berkabung nasional. Senin (9/8/2021) kebakaran mulai melahap hutan pegunungan di wilayah Berber di Kabyle, timur Ibu Kota Aljir. Sejumlah rumah dan hewan, perkebunan zaitun hangus dilalap si jago merah.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Aljazair Tewaskan 65 Orang

Yunani (3 Agustus 2021)

2.000 lebih warga di Pulau Evia dievakuasi akibat kebakaran hutan yang hebat. Kobaran api telah menjalar ke beberapa tempat, ribuan hektare hutan asli di bagian utara telah hangus. Kebakaran hutan ini disebabkan gelombang panas yang melanda Yunani selama sepekan. Gelombang panas ini terburuk di Yunani dalam tiga dekade.

Turki (27 Juli 2021)

Kebakaran hutan besar melanda Turki. Kebakaran ini disebabkan gelombang panas yang berkepanjangan. Ini merupakan kebakaran terburuk sepanjang sejarah Turki. 8 orang tewas akibat kebakaran hutan. Ribuan orang telah dievakuasi.

Yunani (23 Juli 2018)

Kebakaran hutan di Yunani telah menewaskan 50 orang dan lebih dari 100 orang mengalami luka-luka. Ratusan petugas pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Langit dipenuhi asap berwarna oranye.

Pemerintah meminta bantuan helikopter, petugas pemadam kebakaran tambahan kepada negara-negara Eropa lainnya guna padamkan api.

Portugal (17 Juni 2017)

Kebakaran hutan yang melanda Portugal telah menewaskan 62 orang. Kebanyakan mereka yang tewas berada di dalam mobil saat hendak mengungsi. Kebakaran diduga akibat sebuah pohon terbakar disambar petir. Gelombang panas, iklim kering, dan angin yang lumayan kencang juga memicu api semakin besar. Pemerintah Portugal telah menetapkan hari berkabung selama 3 hari.

(Diolah berbagai sumber: Tika Vidya Utami/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini