Taliban Peroleh Senjata Modern dari AS, Dapat Digunakan untuk Menyerang Barat

Susi Susanti, Okezone · Rabu 25 Agustus 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 18 2460853 taliban-peroleh-senjata-modern-dari-as-dapat-digunakan-untuk-menyerang-barat-ROPG0YKL8g.jpg Taliban kuasai Afghanistan (Foto: AP)

AFGHANISTAN - Taliban telah memperoleh berbagai persenjataan canggih baru dari Amerika Serikat (AS) yang dapat digunakan melawan barat dalam serangan teror yang menghancurkan.

The Daily Mirror melaporkan ini termasuk persenjataan menakutkan yang dilaporkan direbut dari militer Afghanistan. Seperti peluru ukuran 7,61 sebanyak dua juta untuk senapan serbu AK47 senilai lebih dari 1 juta poundsterling (Rp20 miliar).

Persenjataan lain yang terdaftar telah jatuh ke tangan Taliban yakni pesawat serang ringan A-29 senilai 17 juta poundsterling (Rp336 miliar), 100.000 roket 70 mm, pesawat tempur sebanyak 89.000, dan seragam baru senilai sekitar 3 juta poundsterling (Rp59 miliar).

Taliban juga mengantongi hampir 61.000 peluru berdaya ledak tinggi 40mm, ditambah lebih dari 4 juta kartrid latihan kosong yang dapat digunakan untuk melatih pasukan.

Semua persenjataan modern ini diambil Taliban saat menyerang Afghanistan, hingga akhirnya Afghanistan menyerah.

Taliban mendapatkan peralatan bernilai miliaran poundsterling yang telah dibawa pasukan AS dan NATO ke negara selama 20 tahun terakhir.

(Baca juga: 100 Anggota Pasukan Khusus Afghanistan Diam-Diam Dievakuasi ke Inggris)

 Kekhawatiran pun muncul jika modernisasi pasukan Taliban secara efektif dalam semalam bisa kembali menghantui barat, termasuk Inggris melalui serangan teror.

Kolonel Richard Kemp, mantan komandan pasukan Inggris di Afghanistan, mengatakan Inggris akan melihat "lebih banyak serangan teroris" di masa depan karena senjata yang sekarang dimiliki Taliban.

“Ruang yang tidak diatur di Afghanistan akan digunakan oleh mitra Taliban Al-Qaeda dan jumlah peralatan yang sekarang terungkap sangat mengganggu,” katanya kepada The Daily Mirror.

Ketakutannya adalah bahwa tentara teroris yang diperlengkapi dengan sangat baik di Afghanistan akan dijalankan oleh "penguasa baru" negara itu.

(Baca juga: Taliban Tidak Izinkan Warga Tinggalkan Afghanistan, Peringatkan AS Patuhi Tenggat Waktu Evakuasi)

Mantan komandan itu yakin pasukan AS berada dalam situasi yang tidak menguntungkan ketika tentara Afghanistan harus dipersenjatai.

“Taliban sekarang bersenjata lengkap dan mengendalikan seluruh negara – dan barat telah meninggalkan peralatan ini bagi mereka untuk membantu diri mereka sendiri,” terangnya.

“Saya tidak yakin apa yang bisa dilakukan tentang hal itu karena ini diberikan kepada Angkatan Darat Afghanistan dan Anda tidak dapat menarik peralatan saat mereka memerangi Taliban,” lanjutnya.

Bahkan jika Taliban tidak dapat menggunakan perangkat keras itu sendiri, ketakutannya akan dikirim ke kelompok teroris di seluruh dunia untuk memperkuat posisi mereka.

"Banyak sekali peralatan yang sangat mematikan yang tujuan utamanya adalah untuk membunuh dan melukai manusia telah jatuh ke tangan teroris paling berbahaya dan cakap di dunia,” ungkapnya.

Meskipun tidak ada angka pasti, diperkirakan bahwa pesawat yang sekarang dalam kendali Taliban dapat mencakup C-130 (Hercules), AC-208, A-29, C-208, dan helikopter seperti UH-60, yang dikenal sebagai Black Hawk. .

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini