China Masukkan Ideologi Politik Presiden ke Kurikulum Sekolah

Susi Susanti, Okezone · Kamis 26 Agustus 2021 07:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 18 2461261 china-masukkan-ideologi-politik-presiden-ke-kurikulum-sekolah-icusRUdhzr.jpg Pemikiran Presiden China Xi Jinping masuk dalam kurikulum sekolah (RemoNews)

CHINA - China akan memperkenalkan ideologi politik Presiden China Xi Jinpiing dalam kurikulum nasionalnya. Kementerian Pendidikan (MOE) dalam pedoman baru mengatakan "Pemikiran Xi Jinping" akan membantu remaja membangun kepercayaan Marxis.

Ideologi tersebut akan diintegrasikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Ini adalah upaya terbaru yang dilakukan Xi untuk mengkonsolidasikan peran Partai Komunis China yang berkuasa di berbagai bidang masyarakat.

Dalam sebuah pernyataan, MOE mengatakan itu bertujuan untuk menumbuhkan pembangun dan penerus sosialisme dengan landasan moral, intelektual, fisik dan estetika yang menyeluruh.

Pedoman tersebut mencakup pendidikan tenaga kerja untuk menumbuhkan semangat kerja keras mereka dan pendidikan tentang keamanan nasional.

(Baca juga: Kepala Polisi Thailand Diburu Usai Video Penyiksaan dan Pembunuhan Viral)

"Pemikiran Xi Jinping" memiliki 14 prinsip utama yang menekankan cita-cita Komunis. Diantaranya yakni panggilan untuk reformasi lengkap dan mendalam dan ide-ide baru yang berkembang, menjanjikan kehidupan yang harmonis antara manusia dan alam, menekankan kewenangan mutlak partai atas tentara rakyat, tekankan pentingnya satu negara dua sistem dan reunifikasi dengan ibu pertiwi.

Namun, pedoman baru akan melihat peluncuran yang jauh lebih luas. "Sekolah dasar akan fokus pada penanaman cinta untuk negara, Partai Komunis China, dan sosialisme. Di sekolah menengah, fokusnya adalah pada kombinasi pengalaman persepsi dan studi pengetahuan, untuk membantu siswa membentuk penilaian dan opini politik dasar," lapor outlet media pemerintah Global Times.

(Baca juga: Taliban Tunjuk Tokoh-Tokoh Lama Jadi Menteri Afghanistan)

“Di perguruan tinggi akan lebih ditekankan pada pembentukan pemikiran teoritis,” tambah laporan itu.

Seorang pejabat kementerian pendidikan mengatakan kementerian juga bekerja untuk memasukkan tema-tema seperti kepemimpinan partai dan pendidikan pertahanan nasional ke dalam kurikulum, Tian Huisheng,

Pada 2018, badan tertinggi China mengabadikan "Pemikiran Xi Jinping" ke dalam konstitusi.

Sejak itu, telah diperkenalkan di beberapa universitas dan di antara sayap pemuda politik yang mengadakan kegiatan ekstra kurikuler dan sekolah.

Para pemimpin China sebelumnya telah datang dengan ideologi politik mereka sendiri yang telah dimasukkan ke dalam konstitusi atau pemikiran partai.

Tetapi tidak seorang pun, selain pendiri partai Mao Zedong, yang ideologi mereka digambarkan sebagai "pemikiran", yang berada di puncak hierarki, dan hanya Mao dan Deng Xiaoping yang namanya melekat pada ideologi mereka.

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini