Anggota Babinsa Selamatkan Nyawa Warga yang Tertimbun Longsor

Subhan Sabu, Okezone · Senin 13 September 2021 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 340 2470742 anggota-babinsa-selamatkan-nyawa-warga-yang-tertimbun-longsor-mdBwv1Zpwi.jpg Anggota Babinsa selamatkan warga yang tertimbun longsor (Foto : Istimewa)

MANADO - Sebanyak dua anggota Babinsa yang bertugas di Kodim 1309/Manado, Sertu Salamuddin Babinsa Kelurahan Buha Koramil 1309-02/WTPM dan Serda Solikhin Babinsa Koramil 1309-05/Wori berhasil menyelamatkan nyawa seorang warga yang tertimbun tanah longsor.

Peristiwa tersebut terjadi saat kedua prajurit itu sedang menggali tanah liat di Kelurahan Buha, Lingkungan III, Kecamatan Mapanget, tepatnya di jalan baru menuju Perumahan GPI, pada Senin (13/9/2021) sekira pukul 16.20 Wita.

Komandan Kodim 1309/Manado Kolonel Inf Yohanes Raymond Raja Sulung Purba, mengatakan bahwa saat itu, Babinsa Koramil 1309-05/Wori, Serda Solikhin sedang bekerja di kebun Demplot Kodim 1309/Manado yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

"Ali Masyudi, rekan korban kemudian datang meminta pertolongan terhadap temannya atas nama Udin (45) yang tertimbun tanah longsor saat menggali tanah liat untuk mengambil tanah timbunan rumah," kata Dandim 1309/Manado, Kolonel Inf Yohanes Raymond Raja Sulung Purba.

Korban saat itu sedang menggali tanah. Pada kedalaman tiga meter, tiba-tiba tanah tebing dari atasnya runtuh dan menimbun korban yang saat itu berada dalam lobang.

Baca Juga : Yosef, Suami Korban Pembunuhan di Subang Diperiksa untuk Kesembilan Kalinya

Serda Solikhin kemudian memanggil temannya Babinsa Kelurahan Buha Koramil 1309-02/WTPM, Sertu Salamuddin yang pada saat itu berada dekat lokasi kejadian untuk membantu korban yang tertimbun tanah. Keduanya kemudian bergegas kelokasi kejadian untuk membantu mengangkat korban bersama masyarakat.

"Korban hampir terlambat tertolong, yang bisa mengakibatkan korban meninggal dunia. Berkat kesigapan kedua Babinsa ini dibantu masyarakat, korban akhirnya selamat," ujar Dandim.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami shok dan menolak untuk dibawa ke rumah sakit terdekat. Selesai korban diangkat, korban langsung di antar oleh rekannya ke rumah korban di Kelurahan Wonasa, Kecamatan Tuminting, Kota Manado.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini