Putin dan Assad Gelar Pembicaraan Soal Kawasan Pemberontak

Agregasi VOA, · Rabu 15 September 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 18 2471568 putin-dan-assad-gelar-pembicaraan-soal-kawasan-pemberontak-x82Ct7ucD3.jpg Presiden Rusia dan Presiden Suriah gelar pembicaraan (Foto: Reuters)

RUSIA - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Suriah Bashar Assad melangsungkan pembicaraan di Moskow untuk membahas kerja sama militer antara kedua negara dan bagaimana melanjutkan operasi untuk menguasai daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di Suriah.

Menurut media pemerintah di Damaskus, Selasa (14/9), pertemuan antara kedua Presiden, yang berlangsung pada Senin (13/9), adalah yang pertama sejak mereka mengadakan pertemuan puncak di ibu kota Suriah pada Januari tahun lalu.

Sebagaimana diberitakan saluran televisi satelit Al Ekhbariya yang berbasis di Riyadh, Arab Saudi, pada pertemuan itu Assad mengatakan ia "senang bertemu" dengan Putin di Moskow, dan menggambarkan enam tahun keterlibatan Rusia dalam konflik Suriah sebagai "operasi bersama untuk memerangi terorisme".

(Baca juga: Presiden Putin Isolasi Mandiri Pasca-Rombongannya Positif Covid-19)

Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah aktivis oposisi Suriah mengatakan bahwa pesawat-pesawat tempur Rusia telah melakukan serangan di provinsi barat laut Idlib, kubu pemberontak besar terakhir di negara itu.

Menurut laporan media pemerintah Suriah, menteri luar negeri Suriah dan menteri pertahanan Rusia juga mengadakan pertemuan untuk membahas hubungan timbal balik dan memerangi terorisme.

(Baca juga: Putin: Negara-Negara Barat Ciptakan Kekacauan di Afghanistan, Seluruh Dunia Harus Hadapi Konsekuensinya)

Rusia terlibat dalam konflik Suriah pada September 2015, Keterlibatannya menguntungkan Assad, yang pasukannya sekarang menguasai sebagian besar negara itu.

Dalam konflik yang telah berlangsung 10 tahun itu, ratusan tentara Rusia dikerahkan di berbagai penjuru Suriah. Rusia juga memiliki pangkalan udara militer di sepanjang pantai Laut Tengah Suriah.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini