5 Fakta Gempa Besar di China, Warga Ungkap Kengerian Detik-Detik Guncangan

Mohammad Adrianto S, Okezone · Sabtu 18 September 2021 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 18 2473153 5-fakta-gempa-besar-di-china-warga-ungkap-kengerian-detik-detik-guncangan-Ri8m9nDoB6.jpeg Dampak gempa di China. (Foto: Reuters)

BEIJING - China mengalami gempa bermagnitudo 6,0 yang terjadi di barat daya provinsi Sichuan Kamis pagi (16/09/21). Gempa ini menyebabkan sejumlah kerusakan dan memakan korban.

Terdapat beberapa fakta yang ditemukan mengenai gempa ini, sebagai berikut: 

1. 3 Tewas, 60 Luka-Luka

Melansir dari Global Times, 3 orang tewas akibat gempa. Sementara korban luka mencapai 60 orang dan 3 di antaranya merupakan luka serius. 

2. Ribuan Rumah Hancur

Berdasarkan foto yang beredar, terlihat banyak bangunan rusak dengan jendela pecah dan tanah di luar tertutup puing-puing dari pohon tumbang dan batu bata.

Baca juga: China Sukses Vaksinasi Penuh Lebih dari 1 Miliar Warganya

Setidaknya, 1.221 rumah hancur dan lebih dari 3.000 rusak parah.

"Saya terbangun karena getaran dan melihat lampu gantung di kamar saya berayun secara dramatis dan meja tulis bergetar,” kata seorang warga bernama Tang menceritakan pengalamannya kepada Global Times. 

3. Gangguan Listrik

Survei Geologi AS (USGS) menyatakan bahwa kerusakan signifikan mungkin terjadi dan bencana berpotensi meluas dalam penilaian awal.

"Beberapa saluran listrik telah terganggu dan 62.000 rumah tangga terkena pemadaman listrik setelah gempa," ujar pemerintah daerah Sichuan dalam video penjelasan di media sosial Weibo.

4. Perbedaan Ukuran Magnitudo 

Pemerintah Sichuan mengatakan gempa berada pada skala 6,0 SR. Lain lagi, Pusat Penelitian Geosains Jerman GFZ mengatakan sebelumnya bahwa gempa tersebut berkekuatan M 5,5.

Berbeda dengan mereka, USGS menjelaskan gempa tersebut berskala 5,4 SR pada skala 8 poin.

USGS melanjutkan, gempa terjadi pada dini hari sekitar pukul 4:30 dengan episentrum terletak sekitar 52 kilometer (32,3 mil) barat daya distrik Yongchuan di Chongqing dan kedalaman awal 10 kilometer.

5. Darurat Tingkat 1

Pasca gempa yang terjadi, Kota Luzhou meluncurkan tanggap darurat tingkat I. Tetapi, pihak berwenang meremehkan ancaman langsung dari gempa susulan yang lebih besar.

“Tidak mungkin akan ada gempa bumi yang lebih besar di daerah itu dalam waktu dekat, tetapi gempa susulan akan terus berlanjut untuk beberapa waktu,” kata Du Bin, wakil kepala Administrasi Gempa Sichuan, kepada wartawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini