Viral Bendera Nazi Raksasa Berkibar di Kota Palestina, Ternyata Ini Faktanya

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 27 September 2021 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 18 2477366 viral-bendera-nazi-raksasa-berkibar-di-kota-palestina-ternyata-ini-faktanya-FJt8JirkBr.jpg Foto: Twitter.

TEL AVIV - Foto bendera Nazi berkibar di atas kota Palestina di Tepi Barat yang dibagikan oleh akun media sosial pro-Israel membuat bingung warganet. Banyak yang menduga foto itu merupakan hasil rekayasa, namun, faktanya bukan.

Bisa dimengerti bagaimana foto yang diambil di Kota Beit Ummar itu membuat orang-orang meragukan keasliannya. Bendera berlambang swastika itu terlihat berukuran ‘raksasa’ dibandingkan rumah-rumah di latar belakangnya, dan tampaknya tersangkut secara tidak wajar di kabel listrik.

BACA JUGA: Konflik Israel-Hamas Terus Berlangsung, Jurnalis CNN Sebut Dunia Butuh Seorang Hitler

Ini membuat banyak komentator skeptis, menunjukkan apa yang mereka lihat sebagai inkonsistensi saat foto itu beredar di media sosial pekan ini, demikian diwartakan RT.

Namun, nyatanya foto itu adalah foto asli. Dalam sebuah video, bendera itu tampak ditembak jatuh oleh patroli pasukan pertahanan Israel (IDF). Bendera itu terlihat memiliki ukuran yang normal, dan memang tersangkut di kabel listrik, tak jauh dari pos terdepan Israel.

BACA JUGA: Pasukan Israel Tembak Mati Bocah Palestina Berusia 12 tahun di Tepi Barat

Kota Beit Ummar terletak di selatan Provinsi Hebron di Tepi Barat yang diduduki Israel. Seperti banyak lingkungan Palestina lainnya, kota itu telah berulang kali menjadi lokasi protes keras anti-Israel, penggerebekan oleh pasukan keamanan Israel, dan bentuk permusuhan lainnya.

Salah satu insiden yang banyak disorot terjadi pada akhir Juli saat seorang anak Palestina berusia 12 tahun ditembak dan dibunuh oleh tentara Israel, memicu bentrokan dua hari antara pengunjuk rasa Palestina dan pasukan Israel.

Masih belum jelas bagaimana spanduk Nazi dilekatkan pada kabel listrik. Beberapa orang mencurigai adanya ‘permainan’ dari pihak Israel. Mereka mengatakan itu pasti semacam operasi bendera palsu untuk mendiskreditkan penduduk Beit Ummar.

Simbologi Nazi kadang-kadang digunakan oleh orang-orang Palestina untuk mengejek lawan-lawan Yahudi mereka. Pada Agustus, pengunjuk rasa Palestina membakar Bintang Daud yang dikombinasikan dengan swastika selama demonstrasi di dekat kota Beita, Tepi Barat.

Itu adalah bagian dari protes terhadap pemukiman Israel yang dibangun di puncak bukit dekat kota. IDF mengubahnya menjadi pangkalannya sebagai bagian dari kesepakatan dengan para pemukim, yang setuju untuk pindah dari daerah itu sebagai imbalan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini