Sejarah Perkembangan Komunis Sejak 1848, Dilahirkan Karl Marx

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 30 September 2021 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 18 2478956 sejarah-perkembangan-komunis-sejak-1848-dilahirkan-karl-marx-W9HRxm6KSg.jpg Karl Marx

MELANSIR History.com, komunis adalah ideologi politik dan ekonomi yang menerapkan sistem tanpa kelas yang dikendalikan oleh pemerintah di mana segala sesuatu dibagi secara merata. Sejarah komunis dipopulerkan oleh Karl Marx dan Friedrich Engels. Berikut sejarah komunis di dunia.

21 Februari 1848

Ekonom dan filsuf Jerman Karl Marx dan Friedrich Engels menerbitkan buku Manifesto Komunis untuk menyerukan pemberontakan kelas pekerja melawan kapitalisme. Motonya, "Pekerja dunia, bersatu!".

7 November 1917

Vladimir Lenin sebagai pimpinan Bolshevik merebut kekuasaan selama Revolusi Oktober dan menjadi pemerintahan komunis pertama. Lenin menggunakan kekuatan militer untuk mengambil alih kekuasaan.

1 Juli 1921

Terinspirasi oleh Revolusi Rusia, terbentuk Partai Komunis China.

21 Januari 1924

Lenin meninggal pada usia 54 karena sakit. Joseph Stalin yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Lenin, akhirnya mengambil alih pemerintahan resmi Uni Soviet hingga dirinya meninggal pada 1953.

1940-1979

Komunis didirikan dengan paksa atau sebaliknya di Estonia, Latvia, Lithuania, Yugoslavia, Polandia, Korea Utara, Albania, Bulgaria, Rumania, Cekoslowakia, Jerman Timur, Hongaria, China, Tibet, Vietnam Utara, Guinea, Kuba, Yaman, Kenya, Sudan, Kongo, Burma, Angola, Benin, Tanjung Verde, Laos, Kampuchea, Madagaskar, Mozambik, Vietnam Selatan, Somalia, Seychelles, Afghanistan, Grenada, Nikaragua.

9 Mei 1945

Uni Soviet menyatakan kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

5 Maret 1946

Perdana Menteri Inggris Winston Churchill membuat pidatonya yang dikenal "Tirai Besi" di untuk memperingatkan Amerika tentang perpecahan antara Uni Soviet dan sekutu Barat.

12 Maret 1947

Presiden Harry S. Truman berpidato di depan Kongres yamg kemudian dikenal sebagai Doktrin Truman. Doktrin tersebut menyerukan penahanan komunisme, dan kemudian menyebabkan masuknya Amerika Serikat ke dalam perang di Vietnam dan Korea untuk mempertahankan negara tersebut dari pengambilalihan komunis . Doktrin tersebut menjadi dasar bagi kebijakan Perang Dingin Amerika.

1 Oktober 1949

Pemimpin Partai Komunis China, Mao Zedong mendeklarasikan pembentukan Republik Rakyat China. Hal itu untuk mendorong Amerika Serikat untuk mengakhiri hubungan diplomatik dengan RRC selama beberapa dekade.

5 Juli 1950

Memimpin pasukan PBB, pasukan Amerika Serikat pertama terlibat dalam Perang Korea, setelah Korea Utara yang komunis menyerbu Korea Selatan dengan maksud untuk menciptakan negara komunis yang bersatu. Perang berlangsung hingga 27 Juli 1953.

1 Januari 1959

Fidel Castro menggulingkan rezim Fulgencio Batista yang korupsi. Kuba menjadi negara komunis.

25 April 1976

Setelah jatuhnya Saigon pada akhir Perang Vietnam, ibu kota Vietnam Selatan direbut oleh pasukan komunis. Beberapa bulan kemudian, negara tersebut dipersatukan kembali sebagai Republik Sosialis Vietnam di bawah pemerintahan komunis.

25 Oktober 1983

Amerika Serikat menginvasi Grenada di bawah perintah Presiden Ronald Reagan untuk mengamankan keselamatan warga negara Amerika di bawah rezim komunis.

4 Juni 1989

Setelah berminggu-minggu protes, pemerintah Komunis China mengirimkan militernya untuk menembaki para demonstran yang menyerukan demokrasi di Lapangan Tiananmen Beijing. Akibatnya ratusan hingga ribuan orang meninggal.

9 November 1989

Tembok Berlin yang memisahkan Berlin Timur yang komunis dan Berlin Barat yang demokratis selama hampir 30 tahun akhirnya runtuh.

25 Desember 1991

Uni Soviet dibubarkan setelah pengunduran diri Mikhail Gorbachev. Presiden Rusia Boris Yeltsin melarang Partai Komunis. Komunis berakhir di Afghanistan, Albania, Angola, Kongo, Kenya, Yugoslavia. China, Kuba, Laos, Vietnam tetap di bawah kekuasaan komunis. Korea Utara tetap komunis nominal, meskipun pemerintah Korea Utara tidak menyebut dirinya komunis.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini