Share

Ngaku Bisa Tarik Uang di Alam Gaib, 2 Dukun Palsu Tipu Warga hingga Rp300 Juta

Sigit Dzakwan, iNews · Senin 04 Oktober 2021 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 340 2481014 ngaku-bisa-tarik-uang-di-alam-gaib-2-dukun-palsu-tipu-warga-hingga-rp300-juta-5PbPQkCfBc.jpg Illustrasi (foto: dok Sindo)

BARITO UTARA - Dua dukun palsu ditangkap polisi usai menipu warga hingga ratusan juta rupiah dengan berdalih bisa menarik uang dan emas di alam gaib. Aksi dua dua dukun palsu ini terungkap ke publik, saat satu korban merugi hingga Rp300 juta.

Penipuan dengan modus penggandaan uang tersebut terjadi pada November 2020 lalu. Saat itu pelaku bernama Jian Hartaji dan Ibadur Rahman menawarkan kepada korban TH bisa menarik uang, emas dan perhiasan dari alam gaib.

Baca juga:  Modus Usir Roh Jahat, Dukun Palsu Curi Harta Korban saat Lengah

Kasat Reskrim Polres Barut, AKP Tommy Palayukan menerangkan awalnya dua pelaku yang berprofesi sebagai pekerja swasta itu menawarkan kepada korban dapat menarik emas, uang, berlian dan perhiasan lainnya secara gaib.

"Tapi untuk bisa menarik uang, emas, dan perhiasan lainnya tersebut, korban diminta untuk terlebih dahulu menyerahkan sejumlah uang untuk ritual mistik," ujar Tommy, Senin (4/10/2021).

Baca juga:  Ngaku Dukun Pengganda Uang, 2 Pria Ditangkap Polisi

Korban akhirnya menyerahkan sejumlah uang kepada dua pelaku. Jumlahnya fantastis, Rp300 juta.

"Setelah uang sebagai jaminan (mahar) yang diminta tersebut diberikan, perhiasan dan uang yang dijanjikan pelaku tersebut tak kunjung ada,” tuturnya.

Untuk mengelabuhi korbannya, kedua dukun ini sempat memberikan kardus berisi kain hitam, bantal dan sejumlah uang mainan kepada korban yang katanya nanti semua benda berharga akan muncul di kardus tersebut.

"Setelah beberapa kali menerima uang dari korban, dua pelaku dengan sengaja membawa 1 (satu) buah kardus ukuran besar yang di dalamnya berisi beberapa bantal, kain hitam, dan beberapa lembar uang kertas mainan di atasnya. Kardus tersebut diikat dengan rapi,” kata Tommy.

Saat menyerahkan kardus tersebut, para pelaku mengatakan kepada korban bahwa kardus tersebut dapat dibuka setelah beberapa minggu, sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh pelaku. "Para pelaku berdalih bahwa kardus yang diberikan tersebut nantinya akan berisi perhiasan dan uang yang banyak jumlahnya asalkan korban membukanya sesuai jadwal yang diberikan oleh pelaku,” sambungnya.

Merasa ditipu dan sudah merugi Rp300 juta, korban TH akhirnya melapor ke polisi. Aksi dua pelaku akhirnya terhenti ketika berhasil diringkus oleh petugas Satreskrim Polres Barito Utara, Sabtu (2/10/2021).

"Penangkapan terhadap pelaku dilakukan pada 2 Oktober 2021 di salah satu kontrakan di Jalan Pelajar. Saat ditangkap, dua pelaku tak melawan," ujarnya.

Kini pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolres Barito Utara untuk proses lebih lanjut. Mereka dijerat dengan Pasal 372 KUHP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini