Sulit Urus Akta Kelahiran, Ayah dengan Nama Anak Terpanjang di Tuban Surati Presiden Jokowi

Pipiet Wibawanto, iNews · Rabu 06 Oktober 2021 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 519 2482435 sulit-urus-akta-kelahiran-ayah-dengan-nama-anak-terpanjang-di-tuban-surati-presiden-jokowi-0HPnbg8fFc.jpg Ayah dengan anak nama terpanjang di Tuban, Jawa Timur (Foto: Pipiet Wibawanto)

TUBAN - Gara-gara nama anak memiliki nama terpanjang sebanyak 19 suku kata, seorang warga Kabupaten Tuban, Jawa Timur kesulitan mengurus dokumen kependudukan anaknya tersebut di dinas terkait. Sudah tiga tahun mengurus akta, hingga saat ini belum membuahkan hasil.

Akhirnya ayah si anak mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan harapan agar permasalahan tersebut segera dapat diselesaikan.

Nama anak tersebut yakni Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta.

Baca Juga: Ingat Anak dengan Nama Terpanjang di Tuban? Kini Kesulitan Urus Akta Lahir 

Cordo, panggilan bocah berusia dua tahun sepuluh bulan ini. Ia terlihat bermain-main dengan sang ayah, Arif Akbar saat di rumah pamannya di Desa Karangtengah, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban pada Rabu (6/10/2021) pagi.

Arif mengaku sudah menyurati Presiden Jokowi karena dirinya kesulitan mendapatkan akta kelahiran sang buah hati. Ia meminta kepada Presiden Jokowi agar Pemerintah Kabupaten Tuban bisa memasukkan anaknya ke dalam data base kependudukan dan catatan sipil. Menurutnya sekjen baru Kemensos ungkap perbaikan DTKS terhambat di pemda.

Kini buah hati bersama istrinya, Suci Nur Aisyiah itu sudah memasuki usia dua tahun lebih. Sementara pengurusan akta kelahiran anak keduanya itu, sejak dua tahun lebih ini belum membuahkan hasil. Sedangkan Arif membutuhkan akta kelahiran anaknya untuk mendaftar ke sekolah tahun depan.

Arif mengatakan, Dinas Dukcapil Tuban sempat menyarankan agar nama anaknya yang kerap dipanggil Cordo itu untuk diganti agar bisa masuk database. Baca Juga: Viral Nama Bayi Sepanjang 19 Kata Dihujani Komentar Lucu Warganet

Namun, Arif pada dasarnya menyayangkan jika harus sampai mengganti nama anaknya itu, karena nama itu berisi doa dan harapan orangtua kepada anaknya.

"Sejauh ini belum selesai, itu bikin akta, pengurusan sudah lama hampir tiga tahun," tutur Arif.

Sementara paman Cordo, Mujoko Sahid menginginkan jika Cordo nanti bisa mewakili generasi di zamannya agar menjadikan generasi yang tidak bersumbu pendek, di mana saat kelahiran Cordo waktu itu banyak sekali peristiwa politik yang banyak melahirkan berita hoax di seputaran peristiwa politik di tahun 2019 lalu.

"Ini saya yang memberi nama anak ini, banyak sekali berita hoax waktu itu, kami ingin anak ini mewakili zamannya," ujarnya.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tuban Rohman Ubed melalui pesan singkat menyatakan, bahwa terkait pengajuan akta dengan nama 19 kata tersebut, pihaknya menyampaikan bahwa untuk penerbitan dokumen kependudukan telah diatur mekanismenya dalam sistem aplikasi SIAK.

Termasuk terhadap penulisan nama pada dokumen kependudukan (akta kelahiran/KK/KIA/KTP dan lainnya) yang mana untuk penulisan nama dalam aplikasi tersediakan maksimal sejumlah 55 karakter huruf termasuk spasi.

Jika lebih, maka pihaknya sebagai instansi pelaksana tidak dapat memasukkan nama tersebut dalam aplikasi sehingga bisa diproses penerbitan aktanya. Namun pihaknya telah menulis surat kepada Dirjen Dukcapil/untuk mendapatkan petunjuk dan solusinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini