Share

Gunung Berapi Cumbre Vieja Muntahkan Abu Vulkanis, Bandara La Palma Ditutup

Vanessa Nathania, Okezone · Jum'at 08 Oktober 2021 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 18 2483122 gunung-berapi-cumbre-vieja-muntahkan-abu-vulkanis-bandara-la-palma-ditutup-voEGqvLYUB.JPG Foto: Reuters.

SPANYOL - Pihak berwenang Spanyol telah menutup bandara La Palma pada Kamis (7/10/2021) karena abu yang berasal dari gunung berapi Cumbre Vieja, yang telah meletus di pulau paling barat laut di Kepulauan Canary selama lebih dari dua minggu.

“Bandara La Palma tidak beroperasi karena akumulasi abu. Protokol yang sudah ditetapkan sedang diterapkan,” kata operator lalu lintas udara Spanyol AENA yang mengumumkannya di Twitter.

BACA JUGA: Gunung Berapi di Spanyol Meletus, Lava Mengalir ke Sungai Menuju 2 Desa 

"Keselamatan adalah prioritas," kata badan itu sebagaimana dilansir RT.

Operasi bandara di Kepulauan Canary lainnya, yang terletak di Samudra Atlantik, tidak terpengaruh oleh aktivitas vulkanik karena tetap dibuka, AENA menambahkan.

Cumbre Vieja setinggi 1.949 meter mulai meletus di La Palma pada 19 September, dengan lava yang mengalir menuruni bukit menuju pantai dan menciptakan singkapan batu besar di lautan.

Bencana semacam ini pertama kali terjadi di pulau itu sejak 1971 dan mendorong evakuasi lebih dari 6.000 orang, dengan 1.000 rumah hancur dan perkebunan pisang serta infrastruktur lainnya hancur.

BACA JUGA: Awan Belerang Letusan Gunung Berapi Spanyol Picu Hujan Asam di Prancis 

Bandara La Palma sebelumnya terpaksa ditutup pada 25 September, dengan abu yang berasal dari gunung berapi juga menjadi alasannya. Kemudian dibuka kembali keesokan harinya.

Abu menimbulkan bahaya bagi pesawat karena mengikis permukaan luar yang menghadap ke depan, termasuk kaca depan, dan menempatkan peralatan navigasi dan sistem vital lainnya pada risiko kegagalan. Saat tersedot ke dalam mesin, partikel abu yang meleleh juga dapat menurunkan kinerja hingga membuat kompresor dalam penerbangan terhenti dan menyebabkan hilangnya daya dorong.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini