Usai Keluar Penjara, Residivis Ini Nekat Mencuri Motor Lagi

Dharmawan Hadi, iNews · Rabu 13 Oktober 2021 02:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 525 2485361 usai-keluar-penjara-residivis-ini-nekat-mencuri-motor-lagi-47s11fEAlC.jpg Foto: Illustrasi Okezone

SUKABUMI - Jajaran Polsek Sukalarang berhasil meringkus tiga terduga pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) yang kerap beroperasi di wilayah Sukalarang. Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan dari Polsek Sukalarang, ketiga terduga pelaku Curanmor ini semuanya berasal dari warga Cianjur yang diketahui berisial AI (24), SH (52) dan DE (30).

Kapolsek Sukalarang, Iptu Yudi Wahyudi mengatakan, ketiga pelaku ini telah sengaja dicokok petugas Unit Reskrim Polsek Sukalarang. Karena, mereka telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan sepeda motor.

"Ketiga itu, telah kami tangkap pada Rabu 06 Oktober 2021 sekitar pukul 18.00 WIB di tempat yang berbeda. Seperti AI telah kami amankan di wilayah Kampung Gelembung, Desa Sukasari, Kecamatan Karang Tengah Cianjur dan SH diamankan di Kampung Lebe, Desa Sukawangi, Kecamatan Warung Kondang Cianjur. Sementara pelaku DE telah kami amankan di Kampung Soreang, Desa Munjul, Kecamatan Cilaku Cianjur," kata Yudi di Mapolsek Sukalarang, Selasa (12/10/2021).

Baca juga:  Tangkap Maling Mobil, Polisi bak Film Laga Tembak-tembakkan di Exit Tol

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketiga pelaku ini telah diringkus petugas Polsek Sukalarang. Lantaran, mereka telah nekad melakukan aksi kejahatannya di dua lokasi kejadian. Yakni, pada Senin 13 September 2021 sekira pukul 04.00 WIB, mereka melakukan Curanmor di Kampung Manglid, RT 02/01, Desa Cimangkok, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi tepatnya di dalam rumah milik korban atas nama Andi Abdurohman berusia (37).

 Baca juga: Dor! Maling Motor Ditembak Usai Rebut Senjata Polisi saat Ditangkap

Sementara TKP kedua, mereka juga melakukan kembali Curanmor pada Sabtu 25 September 2021 sekira pukul 05.00 WIB di Kampung Gedurahayu, RT 044/010, Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, tepatnya di halaman depan rumah milik korban yang bernama Lilis (39).

"Kedua korban Curanmor ini, langsung melaporkan kejadiannya itu kepada Mapolsek Sukalarang. Setelah itu, kami langsung olah TKP dan pemeriksaan saksi. Nah, dari barang bukti yang ada kami langsung memburu pelakunya," ujarnya.

Berdasarkan pemeriksaan petugas Unit Reskrim Polsek Sukalarang, pelaku ini mengaku kepada pihak kepolisian. Bahwa modus operandi ini, pelaku sebelum menjalankan aksi kejahatannya, mereka terlebih dahulu telah berpatroli dengan cara jalan kaki menelusuri pemukiman warga. Hal ini, dimaksudkan untuk mencari sasaran dengan cara mengintip rumah warga. Apabila sasarannya itu ditemukan. Maka pelaku langsung menjalankan aksinya dengan cara masuk ke dalam rumah tersebut dengan cara mencongkel jendela menggunakan golok dan lalu mengambil barang-barang berharga di dalamnya dan pelaku juga merusak kunci kontak motor dan langsung membawa kabur sepeda motornya.

"Ketiga pelaku ini, memiliki peranan masing-masing. Seperti AI merupakan tersangka utama atau otak dari pencuriannya. Bahkan, ia juga masuk pada kategori atau golongan residivis. Sebab, pada beberapa tahun sebelumnya dia juga sempat keluar masuk ruang tahanan karena kasus Curanmor. Sementara, dua pelaku lagi yang berinisial SH dan DE merupakan pembantu AI untuk menjalankan aksinya. Iya, seperti penadah barang-barang yang dicuri AI," tandasnya.

Selain mengamankan pelaku, sambung Yudi, petugas Unit Reskrim Posek Sukalarang, Polres Sukabumi Kota juga telah mengamankan sejumlah barang buki. Diantaranya, satu buah hand phone merk Samsung type A20S warna hitam, satu buah golok dan satu buah rekaman CCTV yang berada di TKP pada saat kejadian Curanmor.

"Akibat perbuatannya, kini ketiga pelaku Curanmor itu tengah mendekam di ruang tahanan Mapolsek Sukalarang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kalau statusnya kini mereka tengah dilakukan penyelidikan dan mereka juga terancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara sekitar empat tahun," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini