Biden akan Bertemu Paus dan Hadiri Pembicaraan Perubahan Iklim di Eropa

Agregasi VOA, · Jum'at 15 Oktober 2021 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 18 2486658 biden-akan-bertemu-paus-dan-hadiri-pembicaraan-perubahan-iklim-di-eropa-PbSriTOMTT.jpg Paus Fransiskus bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Aula Paulus VI, Vatikan, 29 April 2016. (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana untuk bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan akhir bulan ini, kata Gedung Putih, Kamis (14/10/2021).

“Mereka akan membahas kerja sama dalam upaya yang didasarkan pada penghormatan terhadap martabat manusia yang mendasar, termasuk mengakhiri pandemi Covid-19, mengatasi krisis iklim, dan merawat orang miskin,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA: Penerjemah Penyelamat Joe Biden Akhirnya Dievakuasi dari Afghanistan 

Pernyataan itu mengatakan Ibu Negara Jill Biden juga akan mengambil bagian dalam audiensi dengan Sri Paus.

Pertemuan pada 29 Oktober itu berlangsung pada malam KTT dua hari para pemimpin G20 di Roma. Dalam KTT itu, Biden berharap bisa mencapai kesepakatan tentang pajak minimum dari penghasilan perusahaan global sebesar 15 persen untuk memastikan bisnis tidak terus menerus menghindari pajak, menurut kantor berita Reuters, yang mengutip seorang pejabat Gedung Putih.

Biden kemudian akan menghadiri konferensi iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Glasgow, Skotlandia pada 1-2 November. Pejabat itu mengatakan Presiden Biden akan mengumumkan “tindakan penting.”

BACA JUGA: Pidato di PBB, Biden Janji Tak Akan Mulai 'Perang Dingin' Baru 

Biden, presiden beragama Katolik Roma kedua setelah John F. Kennedy, akan bertemu dengan Paus Fransiskus sementara sebagian uskup Katolik di AS telah menegur Biden atas dukungannya pada hak aborsi.

Kunjungan Biden yang tertunda ke Eropa ini akan merupakan perjalanan luar negeri kedua selama kepresidenannya. Biden menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels pada Juni dan kemudian bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini