Korut Tembakkan Rudal Balistik, Diduga dari Kapal Selam

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 18 2488461 korut-tembakkan-rudal-balistik-diduga-dari-kapal-selam-1qhgOVhKF3.jpg Foto: Reuters.

SEOUL - Korea Utara menembakkan setidaknya satu rudal balistik di lepas pantai timurnya pada Selasa (19/10/2021), kata para pejabat di Korea Selatan dan Jepang. Ini terjadi di saat Seoul membuka pameran senjata besar, pembahasan tentang kebuntuan pembicaraan nuklir, dan Korea Selatan bersiap melakukan peluncuran pesawat luar angkasa.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan bahwa satu rudal balistik diluncurkan sekira pukul 10:17 waktu setempat dari sekitar Sinpo, dimana Korea Utara menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM).

BACA JUGA: Korut Klaim Sukses Uji Coba Sistem Rudal Hipersonik Baru

Surat kabar Korea Selatan Joongang Ilbo mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya mengatakan pemerintah "berasumsi bahwa itu adalah tes SLBM," tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Korea Utara juga telah meluncurkan rudal jenis lain dari daerah itu.

BACA JUGA: Korut Tolak Seruan Korsel untuk Deklarasikan Akhir Perang Korea

"Militer kami memantau situasi dengan cermat dan menjaga postur kesiapan dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat, untuk mempersiapkan kemungkinan peluncuran tambahan," kata JCS dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan bahwa dua rudal balistik telah terdeteksi, dan "disesalkan" bahwa Korea Utara telah melakukan serangkaian uji coba rudal dalam beberapa pekan terakhir.

Tidak ada penjelasan langsung dari JCS Korea Selatan untuk jumlah rudal yang terdeteksi.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang menangani hubungan dengan Korea Utara, mengatakan bahwa panggilan penghubung rutin harian dengan Korea Utara dilakukan secara normal pada Selasa dan tidak ada komentar mengenai peluncuran rudal tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini