Korut Klaim Sukses Uji Coba Sistem Rudal Hipersonik Baru

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 29 September 2021 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 18 2478514 korut-klaim-sukses-uji-coba-sistem-rudal-hipersonik-baru-B6fQFCPlgN.jpg Foto tak bertanggal rudal Korea Utara. (Foto: KCNA)

SEOUL Korea Utara telah menembakkan "rudal hipersonik" yang baru dikembangkan di lepas pantai timurnya, menurut laporan media pemerintah, mengklaim uji coba sistem itu berhasil.

“Dalam peluncuran uji pertama, para ilmuwan pertahanan mengonfirmasi kemampuan manuver penerbangan dan stabilitas rudal,” demikian diwartakan Rodong Sinmun dan KCNA pada Rabu (29/9/2021).

BACA JUGA: Korut Luncurkan Rudal Saat Utusannya Berpidato di PBB 

Kedua media pemerintah Korea Utara itu mencatat bahwa uji coba yang berlangsung pada 28 September itu diamati oleh Park Jeong-cheon, anggota berpangkat tinggi dari komite pusat Partai Buruh Korea bersama para pejabat pertahanan.

Sebagai hasil dari pengujian, semua indikator teknis yang dimaksudkan telah memenuhi persyaratan desain.

Yonhap News melaporkan bahwa Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sebelumnya telah mengonfirmasi peluncuran proyektil “jarak pendek” yang tidak dikenal pada Selasa (28/9/2021). Amunisi itu ditembakkan dari Mupyong-ri utara di Provinsi Jagang sekitar pukul 06:40 waktu setempat dan mendarat di Laut Timur.

BACA JUGA: Korut Sukses Uji Coba Rudal yang Diluncurkan dari Kereta Api

Sumber-sumber militer yang dikutip oleh Yonhap mengatakan bahwa berdasarkan “lintasan unik dan fitur lainnya” senjata itu dapat menggunakan kendaraan peluncur hipersonik, seperti yang diklaim, meskipun mereka tidak dapat memverifikasi jenis senjata apa yang diuji. Militer mengatakan bahwa Seoul bekerja sama dengan komunitas intelijen Amerika Serikat (AS) untuk menganalisis peluncuran tersebut.

Pejabat Jepang dan Korea Selatan sebelumnya mencatat "kemungkinan peluncuran rudal balistik" dari Korea Utara pada Selasa, mungkin merujuk pada tes yang sama yang diumumkan di media Korea Utara.

Laporan awal menjadi berita utama tepat ketika utusan Pyongyang untuk PBB naik ke panggung di Majelis Umum di New York City untuk pidato berapi-api yang mengecam kebijakan "permusuhan" Washington terhadap Korea Utara, yaitu penempatan sekitar 30.000 tentara AS di semenanjung itu. dan latihan militer gabungan reguler yang dilakukan dengan Seoul.

Uji coba terbaru ini mengikuti serangkaian tes serupa dalam beberapa pekan terakhir, yang dilaporkan melibatkan rudal jelajah jarak jauh, serta amunisi yang baru dikembangkan di awal bulan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini