Setidaknya 25 Orang Tewas Akibat Ledakan Penyulingan Minyak di Nigeria

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 25 Oktober 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 18 2491281 setidaknya-25-orang-tewas-akibat-ledakan-penyulingan-minyak-di-nigeria-HCxJzJfvPK.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

YENAGOA - Setidaknya 25 orang, termasuk beberapa anak di bawah umur, tewas dalam ledakan dan kebakaran di sebuah kilang minyak ilegal di Negara Bagian Rivers, Nigeria pada Jumat (22/10/2021), demikian diungkap seorang pemimpin lokal dan seorang penduduk kepada Reuters, Minggu (24/102/2021).

"Korban yang terlibat sangat tinggi... kami menghitung 25 mayat," kata Ifeanyi Omano, seorang pemimpin masyarakat, mengatakan kepada Reuters.

BACA JUGA: Kelompok Bersenjata Serang Lapas di Nigeria, 575 Napi Hilang

"Kami belum yakin dengan identitas mereka," katanya, menambahkan bahwa yang tewas termasuk beberapa orang. anak di bawah umur.

Omano dan penduduk setempat Chikwem Godwin mengatakan ledakan itu terjadi pada dini hari Jumat, menambahkan orang-orang dari beberapa komunitas tewas.

Seorang juru bicara polisi setempat sebelumnya mengonfirmasi insiden itu tetapi tidak mengungkapkan jumlah korban.

BACA JUGA: Ledakan Pompa Bensin Nigeria Tewaskan 8 Orang, Hancurkan Puluhan Rumah

Penyulingan ilegal biasa terjadi di wilayah Delta Nigeria yang kaya minyak karena penduduk setempat yang miskin menyadap pipa untuk membuat bahan bakar untuk dijual demi keuntungan. Praktik, yang bisa sesederhana merebus minyak mentah dalam drum untuk mengekstrak bahan bakar, sangat berbahaya.

Nigeria adalah pengekspor minyak terbesar Afrika. Para pejabat memperkirakan kehilangan rata-rata 200.000 barel per hari (bph) minyak, lebih dari 10% dari produksinya, karena penyadapan atau perusakan jaringan pipa. Pencurian dan vandalisme berkontribusi terhadap polusi yang sangat besar di wilayah tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini