Pria Ini Nekat Bobol Mesin ATM di Komplek Militer

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Rabu 27 Oktober 2021 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 525 2492163 pria-ini-nekat-bobol-mesin-atm-di-komplek-militer-IXmfCxOX2r.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

BANDUNG - IP, pria berusia 32 tahun nekat membobol sebuah mesin mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Kota Bandung.

Selain dilakukan di siang bolong, lokasi ATM tersebut berada di komplek militer, tepatnya di Kompleks Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Kodiklat AD), Jalan Sumbawa, Kota Bandung.

Baca juga:  Pegawai Vendor Nekat Bobol Mesin ATM hingga Rp498 Juta

Namun, pelaku apes karena aksinya keburu dipergoki anggota TNI. Alhasil, pelaku pun tertangkap basah dan kini diamankan pihak kepolisian. Peristiwa yang terjadi pada Jumat 22 Oktober 2021 lalu itu pun sempat terekam kamera video dan viral di media sosial.

Kanit Reskrim Polsek Sumur Bandung, AKP Teddy Sigit membenarkan bahwa IP kepergok oleh anggota TNI yang sedang berjaga.

"Jadi, pada saat dia ngambil, ada anggota (Kodiklat) di situ dan merasa curiga, ditungguin. Setelah selesai melakukan aksinya, dia diamankan oleh (anggota) Kodiklat dan diinterogasi," ujar Teddy, Selasa (26/10/2021).

Baca juga:  Maling Bobol Minimarket di Bekasi: Gasak Rp300 Juta dari ATM, Kamera CCTV Dilakban

Menurutnya, usai tertangkap basah oleh anggota TNI, pelaku kemudian diserahkan ke Polsek Sumur Bandung untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Berdasarkan pengakuan pelaku, kata Tedy, aksi tersebut baru pertama kali dilakukan.

"Tapi kalau melihat cara dia dan alat yang dipakai, itu seperti lebih dari dua kali dan ini kelompok Lampung," ungkapnya.

Pihaknya pun mengamankan sejumlah barang bukti dari tangan pelaku berupa alat yang digunakan untuk membobol ATM seperti kikir, obeng, pinset, tongsis (tongkat untuk berswafoto) serta uang tunai hasil kejahatannya.

"Uang tunainya Rp2,5 juta" sebutnya.

 

Selain IP, tambah Tedy, pihaknya juga berhasil mengamankan dua orang pelaku pembobolan ATM lainnya yang diduga masih satu komplotan berinisial K (30) dan RA (29) yang diamankan di tempat terpisah.

"Jadi, IP tertangkap pada saat beraksi, sedangkan dua orang sisanya (K dan RA) baru tertangkap dini hari tadi, sekitar pukul 04.00-05.00 WIB di sebuah apartemen di Jakarta," katanya.

Saat ini, ketiga pelaku pembobolan ATM tersebut sudah berada di Polsek Sumur Bandung untuk dilakukan pendalaman.

Dalam video terlihat, pencuri apes itu tak berkutik saat anggota Provost TNI memergokinya. Terdengar seseorang yang mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi di Kompleks Kodiklat, Jalan Sumbawa dekat Masjid Junudurrahmah, Kota Bandung.

Disebutkan pula jika ATM yang dibobol, yakni ATM BRI. Video juga memperlihatkan anggota TNI dan pelaku mengumpulkan barang bukti berupa sejumlah alat dan kartu ATM serta uang tunai.

Aksi nekat pelaku mengundang beragam komentar warganet. Mereka tak habis pikir pelaku nekat membobol ATM siang hari, apalagi lokasi ATM berada di kompleks militer.

"The real uji nyali," ujar @maeduddin.

"Tutorial pengen masuk penjara ini namanya," kata @vikabonek_

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini