Share

Warga Sukabumi Terluka Usai Terbawa Longsoran di Depan Rumahnya

Dharmawan Hadi, iNews · Sabtu 30 Oktober 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 30 525 2494150 warga-sukabumi-terluka-usai-terbawa-longsoran-di-depan-rumahnya-IGa66l417h.jpg Polisi saat periksa longsoran di depan rumah warga (foto: istimewa)

SUKABUMI - Seorang warga kampung Babakan Cirumput RT 02/07, Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, terjatuh terbawa longsoran di depan pekarangan rumahnya, pada Jumat (29/19/2021) malam.

Korban bernama Maman (29), saat terjadi longsor spontan ia ke luar rumah untuk memastikan kondisi tebing yang ada di depan rumahnya, namun saat ia berada di pelataran teras halaman rumahnya tiba-tiba tanah yang diinjaknya amblas, hingga akhirnya ia terjatuh ke bawah tebing setinggi 12 meter.

Baca juga:  Longsor Tebing di Sukabumi Timpa Sekolah dan Rumah Warga

Kapolsek Kebonpedes, Iptu Tommy Ganhani Jaya Sakti membenarkan kejadian tersebut, dirinya yang menerima laporan dari warga langsung mendatangi tempat kejadian bencana tersebut.

"Saat itu korban memastikan kondisi depan rumahnya, tiba-tiba tanah yang diinjak oleh kakiknya amblas dan terjatuh ke bawah. Namun beruntung ia langsung loncat ke seberang sungai sehingga tidak tertimpa materila longsor," ujar Kapolsek Kebonpedes, Iptu Tommy Ganhani Jaya Sakti, Sabtu (30/10/2021).

Baca juga:  Ada Longsor, Ruas Jalan Rangkasbitung-Muncang di Lebak Ditutup Sementara

Tommy menambahkan, bahwa akibatnya dari kejadian itu korban menderita luka lecet dan mengalami keseleo di tangannya saat terbawa longsor dan upaya menyelamatkan diri waktu itu. "Tidak luka berat, hanya lecet dan tangan keseleo saat terjatuh dan menyelamatkan diri," ujarnya.

Sementara itu, dalam kejadian tanah longsor tersebut terdapat kerusakan jembatan sebagai akses warga. Namun hal tersebut tidak menjadi yang krusial, karena ada akses lain yang dekat bisa dilalui, ditambah jembatan tersebut hanya jembatan kecil yang terbuat dari bambu.

"Kalau akses warga bisa ke jalan yang dekat juga jadi tidak fatal. Namun yang harus segera ditangani yakni tebing selokan yang berada di depan rumah Maman. Khawatir terjadi longsoran susulan, sehingga berakibat rumahnya terbawa longsor," ujar Tommy kepada wartawan.

Lebih lanjut Tommy mengatakan untuk penangaan sementara, pihaknya telah melakukan koordinas dengan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kebonpedes dan pemerintah desa setempat langsung terjun ke lokasi kejadian perkara untuk melakukan evakuasi.

"Guna mengantisipasi longsor susulan, kita merekomendasikan kepada pihak desa untuk segera mengajukan bantuan ke instansi terkait agar secepatnya diperbaiki jalan yang longsor, perkiraan kerugian materi berkisar di angka Rp 70 juta," pungkas Tommy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini