Share

Heboh! Ribuan Buku Nikah Raib Digondol Maling

Azhari Sultan, Okezone · Sabtu 06 November 2021 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 06 340 2497759 heboh-ribuan-buku-nikah-raib-digondol-maling-9pfud0nrOG.jpg Illustrasi (foto: dok Sindo)

JAMBI - Ada-ada saja perilaku pencuri di Kabupaten Bungo, Jambi ini. Bagaimana tidak, sebanyak 3.000 buku nikah yang ada di dalam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bungo, Jambi, raib dicuri.

Sementara, ribuan buku nikah yang dicuri tersebut merupakan buku nikah baru yang masih tersegel rapi. Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro saat dihubungi, mengakui adanya pencurian tersebut.

"Dari laporan yang ada, buku nikah baru ini ada sebanyak 3.000 atau 15 ribu pasang buku nikah yang hilang digondol maling," ungkapnya, Sabtu (6/11/2021).

Baca juga:  Maling Spesialis Villa yang Disewa Wisatawan di Bali Ditangkap Polisi

Dari informasi yang didapat, hilangnya buku nikah tersebut baru pertama kali diketahui oleh salah seorang pejabat di Kemenang Bungo Jambi, yakni Kasi Bimas Islam Kemenag Bungo bernama Harlek.

Saat itu, dia masuk kantor melihat kondisi ruangannya yang sudah berantakan dan laci yang telah terbongkar.

Makin terkejutnya lagi, ribuan buku nikah yang masih tersegel rapi hilang dari tempat penyimpanan semula. Usai memberi tahu pimpinannya, akhirnya pihak Kemenag Bungo melaporkannya ke polisi.

 Baca juga: Tepergok Curi HP, Maling Ini Menangis Kejer saat Dibawa ke Kantor Polisi

Tanpa membuang waktu, polisi langsung mendatangi TKP. Selanjutnya, petugas menyelidiki kasus ini dengan memeriksa beberapa saksi hingga CCTV kantor.

"Tadi saat dilakukan olah TKP, kita sudah tanya-tanya baik dari pihak internal ataupun lainnya. Kemudian tadi kita juga telah mengecek hasil CCTV yang ada di kantor," ujarnya.

Dalam olah TKP itu, Satreskrim Polres Bungo menemukan barang bukti yang diduga digunakan pelaku pencurian, yakni 1 buah linggis, 1 buah obeng dan 1 buah tang. Berikutnya, Kapolres Bungo menyebutkan pihaknya mencurigai seseorang sebagai pencurinya.

"Kita masih terus memburu satu orang yang dicurigai sebagai pencuri ribuan buku nikah di Kemenag Bungo tersebut. Mohon doanya," tukas Guntur.

Kemudian dia juga berharap, agar lebih hati- hati menyimpan buku nikah karena harganya mahal, jadi harus benar-benar aman.

“Memang barang bukti di lokasi ada tas diduga milik pelaku dan juga linggis yang digunakan pelaku,” tuturnya.

"Baiknya, berangkas buku nikah tersebut diganti dengan yang lebih besar agar bisa lebih banyak menyimpan buku nikah," imbuh Guntur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini