Share

Venezuela Cetak Rekor Dunia Guinness untuk Orkestra Terbesar

Antara, · Minggu 21 November 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 18 2505128 venezuela-cetak-rekor-dunia-guinness-untuk-orkestra-terbesar-Mp6qdjqfY6.jpg Penampilan dari Orkestra El Sistema yang memecahkan rekor dunia. (Foto: Reuters)

CARACAS - Sistem Nasional Orkestra Pemuda dan Anak Venezuela - yang dikenal dengan nama "El Sistema" - telah mencetak rekor baru Guinness untuk orkestra terbesar di dunia dengan 8.573 musisi bermain bersama, kata pemerintah Venezuela, Sabtu (20/11/2021).

Seminggu yang lalu lebih dari 12.000 musisi Venezuela bersama-sama memainkan karya musik klasik selama lebih dari lima menit saat mereka berusaha untuk mengalahkan rekor yang dibuat Rusia dua tahun lalu.

BACA JUGA: Wow! Nyalakan 900.000 Lampu Minyak, Kota Ini Pecahkan Rekor Guinness World

Menteri Penerangan Venezuela Freddy Nanez dan duta besar Rusia di Caracas, Sergey Melik-Bagdasarov, memberi selamat kepada para musisi Venezuela dalam pidato yang disiarkan di televisi pemerintah pada Sabtu.

Siaran tersebut termasuk rekaman ahli Guinness World Records Susana Reyes yang mengumumkan bahwa para musisi Venezuela telah berhasil membuat rekor baru setelah mereka memainkan karya musik berjudul La Marche Slave oleh Pyotr Tchaikovsky selama lebih dari lima menit.

BACA JUGA: Ratu Elizabeth Dapat Kado Ulang tahun Pernikahan Orkestra Virtual

Selama siaran, Presiden Venezuela Nicolas Maduro menunjukkan sertifikat dari Guinness World Records yang mengakui bahwa "El Sistema" telah memecahkan rekor orkestra terbesar dengan 8.573 musisi tampil bersama di orkestra.

Rekor sebelumnya adalah untuk sebuah orkestra dengan 8.097 musisi yang bermain bersama di St. Petersburg, Rusia.

Kondisi untuk pencatatan rekor Guinness itu mengharuskan para musisi untuk bermain secara bersamaan tanpa pertukaran orang masuk dan keluar, atau meminjamkan instrumen mereka ke pemain lain.

Guinness belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

"El Sistema" mencatat sekitar 350.000 anak-anak dan remaja Venezuela di antara para pemusik yang bermain dalam jaringan 180 orkestra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini