Pentagon Akan Selidiki Penampakan UFO di Wilayah Udara AS

Susi Susanti, Okezone · Kamis 25 November 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 18 2507296 pentagon-akan-selidiki-penampakan-ufo-di-wilayah-udara-as-iA1NKBUBvo.jpg Penampakan diduga UFO (Foto: Dephan AS via AP)

WASHINGTON - Pejabat Departemen Pertahana Amerika Serikat (Dephan AS) telah mengumumkan peluncuran gugus tugas untuk menyelidiki laporan benda terbang tak dikenal (UFO) di wilayah udara terbatas.

Pentagon pada Selasa (23/11) mengatakan kelompok itu akan menilai objek yang menarik dan "mengurangi setiap ancaman terkait". Kelompok baru ini akan diawasi oleh para pemimpin militer dan intelijen.

Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks dalam memo kepada pimpinan senior Pentagon pada Selasa (23/11), mengatakan grup Sinkronisasi Identifikasi dan Manajemen Objek Lintas Udara akan mendeteksi, mengidentifikasi, dan mengaitkan objek yang menarik di [wilayah udara penggunaan khusus].

Baca juga: Heboh Cahaya Misterius Dikira UFO, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya

Arahan mereka termasuk mengurangi kesenjangan dalam kemampuan deteksi intelijen, menganalisis data intelijen dan kontra intelijen, dan merekomendasikan kebijakan di bidang tersebut.

Departemen pertahanan mengatakan pihaknya menanggapi setiap laporan serangan udara - diidentifikasi atau tidak diidentifikasi - "dengan sangat serius, dan menyelidiki masing-masing".

Pernyataan ini mengakui tekanan dan sorotan terhadap laporan Pentagon kepada Kongres pada Juni lalu.

Baca juga: Rekam Benda Aneh Diduga UFO di Langit, Wanita Ini Merinding

Diketahui sebuah laporan militer yang sangat dinanti pada Juni lalu gagal menjelaskan lusinan penampakan UFO yang dilaporkan dan memperingatkan kemungkinan risiko keamanan nasional.

Anggota parlemen telah menuntut laporan tersebut setelah militer AS melaporkan banyak contoh benda tak dikenal terlihat bergerak tak menentu di langit.

Dia mengatakan dari 144 laporan yang dibuat tentang fenomena tersebut sejak 2004, mereka tidak bisa menjelaskan semuanya kecuali satu. Sementara Pentagon mengatakan "tidak ada indikasi yang jelas" dari aktivitas dunia lain, itu tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa benda-benda itu adalah makhluk luar angkasa.

Beberapa penjelasan yang mungkin ditawarkan pada saat itu, termasuk teknologi canggih dari negara lain seperti China atau Rusia, fenomena atmosfer alami - seperti kristal es - yang dapat dicatat pada sistem radar, dan "perkembangan dan program rahasia oleh entitas AS".

Satu kasus yang diidentifikasi "dengan keyakinan tinggi" dianggap sebagai "balon besar yang mengempis".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini