Pohon Besar Tumbang Tutup Jalan Raya Cianjur-Puncak, Lalu Lintas Macet

Ricky Susan, Koran SI · Senin 06 Desember 2021 23:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 340 2512974 pohon-besar-tumbang-tutup-jalan-raya-cianjur-puncak-lalu-lintas-macet-BzvUlvrYP4.jpg Petugas saat evakuasi pohon tumbang di Jalan Raya Cianjur-Puncak (foto: dok Istimewa)

CIANJUR - Sebuah pohon tumbang di Palalangon Jalan Raya Cugenang-Puncak tepatnya di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, sekitar pukul 20.00 WIB, Senin (6/12/2021). Beruntung tidak ada korban jiwa, namun pohon jenis Trambesi diameter 25 dengan ketinggian 17-20 meter tutupi badan jalan nasional.

Informasi yang dihimpun, peristiwa terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut sejak sore.

"Sekitar pukul 20.00 WIB kami di telepon ada pohon tumbang, langsung terjun dan mengecek pohon tumbang tersebut. Ternyata pohon sudah menutupi badan jalan," ujar Kasie Rehabilitasi BPBD Kabupaten Cianjur, Mumuh Farhamubin.

Baca juga:  Warga Cibinong Tertimpa Pohon Tumbang Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

Guna menyingkirkan batang pohon yang menutupi jalan, sirinya menerjunkan 8 gergaji mesin. "Hampir 30 menit penanganan batang pohon yang menutupi badan jalan sudah selesai," katanya.

Akibat peristiwa tersebut, arus lalulintas di lokasi sempat mengalami kemacetan. Beruntung tidak berangsur lama, karena petugas berlakukan buka tutup dengan sistem satu arah.

 Baca juga: Pohon Angsana di Pulogadung Tumbang Tutup Ruas Jalan

Menurutnya, banyak pohon di sepanjang jalur Cianjur-Puncak kondisinya rapuh dan rawan roboh. Sehingga, dirinya berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Cianjur.

"Kami koordinasi dengan LH, dan biar pihak LH yang mengecek, pohon mana yang rapuh, karena diperkirakan tanah disini labil dan bisa mengecek pohon mana yang membahayakan," katanya.

Pihaknya mengimbau, para pengguna kendaraan yang melintas di jalur Cianjur-Puncak agar waspada. "Jika terjadi angin kencang agar kurangi kecepatan, dan berhati-hati," harapnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini