Share

Menlu RI Temui Perwakilan Taliban di Pakistan, Ini yang Dibahas

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 19 Desember 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 19 18 2519408 menlu-ri-temui-perwakilan-taliban-di-pakistan-ini-yang-dibahas-d7fGU1Uyeh.jpg Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Perwakilan Taliban Amir Khan Muttaqii di Islamabad, 18 Desember 2021. (Foto: Twitter/@Menlu_RI)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan perwakilan Taliban dan utusan khusus dua negara Barat untuk membahas situasi di Afghanistan. Pertemuan ini berlangsung di sela-sela Pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Islamabad, Pakistan, Sabtu (18/12/2021) 

BACA JUGA: Menlu RI: Keselamatan dan Kehidupan Warga Afghanistan Jadi Prioritas Utama

Dalam rangkaian pertemuan tersebut Menlu Retno mengangkat sejumlah isu terkait Afghanistan, terutama situasi kemanusiaan di Negara Asia Selatan itu. Isu mengenai pendidikan serta pemberdayaan perempuan juga menjadi pembahasan dalam pertemuan Menlu Retno dengan Perwakilan Taliban Amir Khan Muttaqi.

“Bertemu dengan perwakilan Taliban, Amir Khan Muttaqi di Islamabad (18/12) dan membahas situasi kemanusiaan, pendidikan, dan pemberdayaan perempuan,” demikian disampaikan Menlu RI melalui akun Twitternya.

BACA JUGA: OKI Janji Akan Dorong Perdamaian di Afghanistan

Selain bertemu dengan perwakilan Taliban, Menlu Retno juga bertatap muka dengan utusan khusus dari dua negara Barat, Jerman dan Amerika Serikat (AS).

“Senang bertemu dan mendiskusikan situasi kemanusiaan di Afghanistan dengan Perwakilan Khusus Jerman untuk Afghanistan dan Pakistan, Jasper Wieck @GermanSRAP sebelum Sidang Luar Biasa #OKI tentang Afghanistan (18/12),” terang Menlu RI.

Isu kemanusiaan dan situasi di Afghanistan juga menjadi pembahasan dalam pertemuan dengan Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan Thomas West dan pertemuan Menlu RI dengan Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan, Jenderal Bagwa.

Menlu Retno berada di Pakistan untuk mengikuti Sidang Luar Biasa Dewan Menteri Luar Negeri OKI ke-17 untuk membahas situasi di Afghanistan. Sebanyak 20 menteri luar negeri dan 10 wakil menteri luar negeri dari negara-negara Muslim dunia hadir dari dalam pertemuan yang dimulai pada 18 Desember 2021 ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini