Share

Jalur ke Lembang Macet, Petugas Terapkan Rekayasa Satu Arah

Adi Haryanto, Koran SI · Sabtu 01 Januari 2022 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 340 2526028 jalur-ke-lembang-macet-petugas-terapkan-rekayasa-satu-arah-z846V0RIvm.jpg Polisi berlakukan rekayasa lalu lintas di Lembang (foto: MNC Portal/Adi)

BANDUNG BARAT - Libur Tahun Baru yang bertepatan dengan akhir pekan membuat sejumlah ruas jalan di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terpantau padat, Sabtu (1/1/2022).

Bahkan kemacetan cukup panjang terjadi di kawasan Lembang baik dari arah Setiabudi Bandung maupun dari arah Kota Cimahi karena banyaknya kendaraan dari luar daerah yang masuk ke Lembang.

Titik kemacetan seperti terjadi di Jalan Raya Lembang, Jalan Tangkuban Parahu, Jalan Kolonel Masturi hingga sejumlah jalur alternatif menuju Lembang, seperti di jalur Punclut dari arah Bandung.

Baca juga:  Rekomendasi 10 Tempat Wisata Cocok untuk Liburan Tahun Baru 2022

Banyak pengguna pengendara yang memilih jalan memutar lebih jauh untuk menghindari terjebak di tengah kemacetan. Tapi ada pula yang menepi lantaran kendaraannya nyaris tidak bergerak sama sekali.

"Hari ini ada peningkatan arus kendaraan di jalur Lembang, sehingga menyebabkan kemacetan di jalur utama," kata Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto.

Baca juga:  7 Destinasi Wisata Alam di Sukabumi Cocok Buat Liburan Tahun Baru 2022

Dia menyebutkan, pada libur Tahun Baru ini terjadi peningkatan volume kendaraan antara 20-30% yang masuk ke wilayah Lembang. Untuk mengurai kepadatan, pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way).

Yakni dari pertigaan Beatrik menuju Jalan Grand Hotel dari arah Lembang, maupun menuju Bandung dan sebaliknya. Sistem satu arah ini sebagai ganti ganjil genap yang batal diberlakukan.

Sementara untuk liburan tahun baru diprediksi volume kendaraan lebih meningkat dibanding liburan Natal pekan lalu. Rata-rata warga luar daerah mengunjungi tempat wisata di kawasan Lembang dan restoran untuk wisata kuliner.

"Kami memperkirakan kondisi ini (macet) masih akan berlangsung hingga hari Minggu besok," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini