Share

Gunung Berapi Tonga Erupsi, Pulau Nuku dan Tsu Sempat Hilang Disapu Tsunami

Binti Mufarida, Sindonews · Minggu 16 Januari 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 18 2532901 gunung-berapi-tonga-erupsi-pulau-nuku-dan-tsu-sempat-hilang-disapu-tsunami-FrXAR5oywY.jpg Foto: Twitter/@DrAndreasS.

JAKARTA – Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan Pulau Nuku dan Tsu sempat hilang dari permukaan disapu tsunami akibat ledakan erupsi Gunung Hunga Ha’apai, Tonga di Kepulauan Pasifik.

BACA JUGA: Dihantam Tsunami Setelah Gunung Berapi Erupsi, Warga Tonga Lari Selamatkan Diri

“Pulau Nuku dan Tsu sempat hilang dari permukaan laut, disapu tsunami akibat erupsi Gunung Hunga-Tonga,” ungkap Daryono lewat akun media sosial pribadinya, Minggu (16/1/2022).

Sebelumnya, dilaporkan gelombang tsunami melanda Tonga, setelah gunung api bawah laut Hunga Tonga - Hunga Ha’apai meletus, pada Sabtu, 15 Januari 2022. Bahkan, gelombang tsunami pun dirasakan hingga Australia dan Selandia Baru.

BACA JUGA: Dampak Letusan Gunung Tonga, Jepang Dilanda Tsunami

Selain itu, ledakan gunung bawah laut di Tonga juga terdengar hingga Kepulauan Fiji yang berada 800 kilometer dari sumber ledakan akibat erupsi Gunung Hunga Ha’apai. Negara lain di Kepulauan Pasifik, Vanuatu juga sempat mengeluarkan peringatan tsunami, termasuk di Tasmania dan juga sebagian wilayah Timur Australia.

Namun, BMKG memastikan tsunami tidak sampai ke Indonesia. “Tsunami tidak sampai (berdampak) ke Indonesia,” ungkap Daryono.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini