Share

Gempa M6,1 Guncang Papua Nugini, Sehari Setelah Erupsi Gunung Bawah Laut Tonga

Susi Susanti, Okezone · Senin 17 Januari 2022 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 18 2533210 gempa-m6-1-guncang-papua-nugini-sehari-setelah-erupsi-gunung-bawah-laut-tonga-GR7AYiM09i.jpg Ilustrasi gempa bumi (Foto: Freepik)

PAPUA NUGINI - Survei Geologi AS (USGS) menyatakan gempa berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang pulau Papua Nugini, sehari setelah Tonga dihantam gelombang raksasa menyusul letusan gunung berapi di laut lepas pantainya.

Pusat gempa terletak di wilayah otonomi Bougainville, pada kedalaman 408 kilometer (253 mil). Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) juga mencatat gempa tersebut, dengan magnitudo 5,8. Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan yang berarti.

Baca juga: Erupsi Gunung Tonga, Selandia Baru dan Australia Kirim Pesawat untuk Menilai Kerusakan, 80.000 Orang Terdampak

Papua Nugini, sebuah negara berpenduduk sembilan juta, menempati bagian timur pulau Nugini dan sekelompok pulau kecil di Melanesia, utara Australia.

Baca juga:  Erupsi Gunung Berapi Bawah Laut Tonga Terasa di Seluruh Dunia

Papua Nugini terletak sekitar 4.700 kilometer (2.920 mil) tenggara Tonga, yang dilanda tsunami pada Sabtu (15/1), setelah letusan gunung berapi lepas pantai. Letusan itu mengirimkan gelombang besar tepat di seberang Pasifik, dengan laporan kapal rusak datang dari jauh seperti Selandia Baru dan California. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Jepang, Hawaii, Alaska, dan Pantai Barat Amerika Serikat (AS). Ancaman tsunami kini telah surut, tetapi Tonga tetap tertutup awan abu, yang menghalangi pesawat pengintai untuk menilai kerusakan.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini