Share

Kian Tegang, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Ukraina

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 27 Januari 2022 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 18 2538721 kian-tegang-ini-perbandingan-kekuatan-militer-rusia-dan-ukraina-2pbMJ2HrQH.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA – Ketegangan antara Rusia dan Ukraina berada di titik tertinggi dalam beberapa pekan terakhir memicu kekhawatiran negara Barat, termasuk Amerika Serikat (AS), akan terjadinya invasi dan konflik bersenjata di kawasan tersebut.

Aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), yang dipimpin AS, telah meningkatkan kehadirannya di kawasan, memperingatkan Rusia agar tidak melakukan invasi ke Ukraina. Sementara itu, meski telah berulangkali menyatakan tidak akan melakukan invasi, Moskow telah menempatkan lebih dari 100.000 pasukannya di perbatasan Ukraina.

Pada Rabu (26/1/2022), Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan bahwa Rusia tidak memiliki cukup pasukan untuk melakukan invasi skala penuh ke negaranya. Presiden Ukraina Voldymyr Zelensky pun menggemakan sikap serupa, menyatakan bahwa ancaman invasi Rusia hanyalah “ilusi”.

Melihat perbandingan kekuatan militer antara Rusia dan Ukraina, benarkah Rusia tidak cukup kuat untuk menginvasi Ukraina?

Melansir data dari Global Firepower 2021, Rusia memiliki 3.014.400 personel militer dengan 1.014.000 pasukan aktif. Jumlah ini hampir tiga kali lipat lebih besar dari Ukraina yang memiliki 1.155.000 personel militer dengan hanya 255.000 pasukan aktif.

Ketimpangan lebih besar terlihat dari jumlah mesin perang dan perlengkapan militer.

Rusia dilaporkan memiliki 1.531 jet dan pesawat tempur, 538 helikopter serang, 13.000 unit tank, dan 27.100 kendaraan lapis baja. Di sisi lain, Ukraina hanya memiliki 67 jet dan pesawat tempur, 34 helikopter serang, 2.430 unit tank, dan 11.435 kendaraan lapis baja.

Kekuatan artileri Rusia pun unggul cukup signifikan dengan 4.465 meriam artileri bergerak, dua kali lipat lebih banyak dari Ukraina yang memiliki 2.040 unit artileri.

Di bidang maritim, Rusia memiliki 214 kapal perang kecil berbanding 13 kapal perang yang dimiliki Ukraina.

Jika menilik perbandingan kekuatan militer tersebut, jelas bahwa Rusia jauh lebih unggul dibandingkan negara tetangganya itu. Namun, langkah itu diyakini akan menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi Rusia.

Sejumlah negara Barat telah memperingatkan Moskow akan ada akibat dan tindakan keras jika invasi ke Ukraina benar-benar terjadi.

Sejauh ini pembicaraan antara Rusia dengan NATO untuk menyelesaikan situasi di Ukraina yang semakin memanas belum menemukan titik temu.

Rusia telah secara tegas menyampaikan tuntutannya bahwa Ukraina tidak boleh diizinkan bergabung dengan NATO. Di lain pihak, AS mengatakan tuntutan Rusia itu tidak dapat dipenuhi, meski menekankan tetap akan mengejar jalur pembicaraan di bidang pengendalian senjata dan pengaturan keamanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini