Share

Satpol PP: Acara Barongsai di Mal Festival Citylink Tak Berizin

Arif Budianto, Koran SI · Kamis 03 Februari 2022 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 340 2542060 satpol-pp-acara-barongsai-di-mal-festival-citylink-tak-berizin-6OAmPZ3Vio.jpg Kerumunan Mal Festival Citylink (Foto: Ist)

BANDUNG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung menyatakan, acara barongsai di Mal Festival Citylink tidak mengantongi izin kepolisian dan Satgas Covid 19 Kota Bandung. Di mana, kegiatan itu berujung terjadinya kerumunan saat Imlek.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap pihak manajemen di Markas Satpol PP Kota Bandung. Pada pemeriksaan itu, tidak ada rekomendasi dari Satgas Covid-19 baik itu kota apalagi kecamatan.

"Kemudian, belum ada izin dari kepolisian, jadi saya lihat ada pengajuan tapi tidak diizinkan, pelanggarannya di situ," ujar Rasdian Setiadi, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga:  Mal Festival Citylink Ditutup 3 Hari Imbas Kerumunan Menonton Barongsai

Kendati begitu, manajemen Festival Citylink telah mengakui kegiatan barongsai telah menimbulkan kerumunan banyak orang. Pada acara itu, pihak pengelola juga turut membubarkan massa. Mereka membubarkan masa setelah 10 menit acara berlangsung.

Pemeriksaan pengelola Festival Citylink juga akan dilakukan dalam beberapa sesi. Hal itu untuk mengetahui tindakan apa saja yang sudah dilanggar oleh pihak pengelola. "Hari ini pengelola dipanggil, jadi baru pelanggaran pertama, karena ini kerumunan sudah luar biasa. Sesuai kekayaan dan kepantasan penyidik itu prediksi saya memang dia didenda administrasi maksimal Rp500 ribu.

Rasdian mengatakan, manajemen Festival Citylink akan diminta membuat surat pernyataan atas kegiatan yang tak berizin dan membuat kerumunan, di tengah masa PPKM berlevel di Kota Bandung.

"Dari jadwal diperoleh itu, dia ada kegiatan lagi seperti itu sampai tanggal 15 Februari 2022. Kita hentikan kegiatannya, Tetapi manakala dia melakukan hal serupa, kita dinaikan sesuai regulasi yang ada," ucapnya.

Baca Juga: Viral Kerumunan saat Cosplay, Wagub DKI: Belum Ada Temuan Kasus Covid-19

Jika semua langkah penanganan yang sudah dilakukan namun diabaikan oleh manajemen Festival Citylink, Rasdian mengatakan, Pemkot Bandung akan berikan tindakan tegas dan memberi sanksi lebih berat.

"Jika tidak ditaati bisa diadakan penyegelan, penghentian izin operasional sementara. Itu luar biasa. Kalau masih melakukan tindakan serupa lagi, ya dibekukan saja," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini