Share

Arab Saudi Tetapkan Hari Pendirian Negara pada 22 Februari, Ini Penjelasannya

Muhammad Farhan, MNC Portal · Senin 21 Februari 2022 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 18 2550854 arab-saudi-tetapkan-hari-pendirian-negara-pada-22-februari-ini-penjelasannya-eqqEx6uwv6.jpg Raja Salman (Foto: istimewa)

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi akan menandai peringatan pertama Hari Pendirian Negara (Founding Day) dengan berbagai kegiatan pada besok, 22 Februari 2022.

Di dalam negeri, Raja Salman akan berpidato di hadapan rakyatnya. Sementara itu, bakal ada pula beragam acara seni dan budaya yang syarat nilai sejarah dan tradisi peninggalan nenek moyang bangsa Arab termasuk peragaan busana tradisional.

Di luar negeri, berbagai kedutaan besar dan kantor perwakilan Arab Saudi juga akan memperingati Founding Day dengan berbagai acara.

“Kami berharap ditetapkannya Hari Pendirian Negara Arab Saudi ini dapat memperkuat eksistensi kami di kancah global baik secara politik, ekonomi, sosial, budaya dan bidang lainnya karena sarat nilai historis,” kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, H.E. Esam bin Ahmed Abed Al Thaqafi di kantornya, Senin (21/2/2022).

Founding Day setiap 22 Februari dideklarasikan oleh Raja Salman pada akhir Januari 2022 lalu. Dalam dekritnya, Raja Salman menyatakan bahwa negara Arab Saudi pertama oleh Imam Muhammad bin Saud berdiri pada pertengahan 1139 H atau Februari 1727 M.

Baca juga: Arab Saudi Pastikan Jaga Kesakralan Kota Suci Mekkah dan Madinah

”Itulah perwujudan persatuan dan keamanan di Semenanjung Arab setelah berabad-abad mengalami pergolakan,” jelas Duta Besar Esam.

Baca juga: Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 untuk Jamaah Internasional Bergantung Situasi Pandemi Covid-19

Arab Saudi juga memiliki hari besar lainnya yakni National Day pada 23 September. Itu adalah hari ketika Raja Abdulaziz al Saud mengumumkan penyatuan negara dengan nama Kerajaan Arab Saudi pada 1932. Baik Founding Day maupun National Day menjadi hari libur nasional di Arab Saudi.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini