Share

Breaking News! Pabrik Kimia di Cilegon Meledak, Diduga dari Pipa Reaktor

Iskandar Nasution, iNews · Rabu 23 Februari 2022 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 340 2551905 pabrik-kimia-di-cilegon-meledak-diduga-dari-pipa-reaktor-zaWDYEBKvC.jpg Pabrik kimia di Cilegon Meledak (Foto : Video Amatir)

CILEGON - Pabrik kimia di Cilegon, Banten, meledak pada, Rabu (23/2/2022). Diduga ledakan berasal dari pipa reaktor.

Dari video amatir yang diterima, tampak ada api yang berasal dari sebuah pabrik kimia PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) di Jalan Raya Merak, Kelurahan Gerem, Grogol, Cilegon. Hingga saat ini belum ada informasi tentang adanya pencemaran udara akibat ledakan tersebut.

Diinformasikan jika kemunculan api pukul 04.00 WIB. Dari rekaman tersebut tampak ada kepulan asap dan api dari sumber ledakan.

Kasi Operasi Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon mengatakan, Nanung Eko Siswanto mengatakan, saat petugas datang ke lokasi api sudah mulai padam.

Petugas melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya ledakan dan sumber api. Petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi melakukan pengecekan adanya kerusakan pada pipa reaktor ke tabung kristalisasi pembuat bahan polyester.

Diduga api berasal dari pipa reaktor tersebut mengalami overhead sehingga terjadi ledakan dan adanya api.

"Ada panas pipa yang menyambung ke tabung reaktor. Itu untuk pembuatan polyester," ujar Nanung Eko Siswanto.

Terkait adanya dugaan pencemaran udara, Nanung menegaskan hingga saat ini tidak ada laporan kebocoran gas beracun. Kasus ini juga sudah ditangani pihak kepolisian.

"Sekarang masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut. Selama ini tidak ada gas-gas yang sifatnya beracun," tuturnya.

Hingga saat ini pihak perusahaan PT MCCI belum bersedia dikonfirmasi terkait adanya ledakan dan terbakarnya pabrik tersebut. Saat ini pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan ledakan di pabrik kimia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini