Share

6 Korban Ledakan Pabrik Kimia di Cilegon Alami Trauma

Iskandar Nasution, iNews · Rabu 23 Februari 2022 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 340 2551949 6-korban-ledakan-pabrik-kimia-di-cilegon-alami-trauma-H5jSPpL7BB.jpg Pabrik kimia di Cilegon Meledak (Foto : Video Amatir)

CILEGON - Akibat ledakan pipa reaktor ke tabung kristalisasi yang terjadi pada pabrik kimia pembuat bahan serat baju atau asam tereftalat di Cilegon, 6 korban ledakan mengalami trauma.

Mereka trauma akibat suara ledakan keras pagi tadi, Rabu (23/2/2022). Saat ini korban mengalami luka ringan dan sudah pulang kembali kerumah masing-masing.

Ledakan tersebut bersumber dari pabrik kimia, PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI), di Jalan Raya Merak, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Cilegon, Banten, sekira pukul 04.00 WIB. Dari rekaman video amatir, tampak ada kepulan asap dan api dari sumber ledakan.

Pihak kepolisian mendata, ada 6 orang korban akibat ledakan tersebut. Para korban merupakan karyawan pertamina yang berada dekat dekat lokasi kejadian.

Mereka mengalami trauma atas suara ledakan, namun para korban tidak mengalami luka cukup serius karena bahan kimia tidak tergolong bahan berbahaya.

"Para korban mengalami luka ringan," ujar Kapolres Cilegon, AKBP Sigit.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dugaan sementara, api bersumber dari pipa reaktor yang mengalami overhead dan meledak. Pipa tersebut terhubung ke tabung kristalisasi tabung reaktor untuk pembuatan bahan pakaian.

Bahan cairan tersebut merupakan asam tereftalat yang tercampur dengan air sehingga menimbulkan debu.

Menurut pihak humas PT MCCI Muhammad Reza, 6 korban merupakan karyawan pertamina karena posisi ledakan berada dekat dengan pertamina. Hingga saat ini pihak kepolsian masih melakukan pemeriksaan atas terjadi nya ledakan di pabrik kimia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini