Share

PBB: 1 Juta Orang Telah Melarikan Diri dari Ukraina

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 03 Maret 2022 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 18 2555717 pbb-1-juta-orang-telah-melarikan-diri-dari-ukraina-KcQSBDHTK3.JPG Pengungsi Ukraina bertemu kembali dengan keluarganya di perlintasan Medyka, perbatasan Polandia-Ukraina, 26 Februari 2022. (Foto: ABACAPRESS via Reuters)

LONDON Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa satu juta pengungsi kini telah melarikan diri dar Ukraina ke negara-negara tetangga. Jumlah tersebut diumumkan sepekan setelah Rusia memulai operasi militer ke negara tetangganya itu. 

Sebagian besar pengungsi dari Ukraina mencari perlindungan ke Polandia, Hungaria, dan Rumania yang bertetangga. Sebagian lainnya mangungsi ke Moldova, Slovakia, dan negara-negara Eropa lain.

Sebelumnya, puluhan ribu pengungsi dari Wilayah Donetsk dan Luhansk, yang secara kolektif disebut sebagai Donbass, di Ukraina timur, telah mengungsi ke Rusia.

BBC melaporkan bahwa krisis pengungsi pada 2015 melibatkan 1,3 juta orang dan jumlah itu hampir dilampaui pengungsi dari Ukraina hanya dalam waktu seminggu.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi memohon agar “penggunaan senjata dihentikan” sehingga bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan nyawa dapat diberikan" kepada jutaan orang yang tetap tinggal di Ukraina. 

Follow Berita Okezone di Google News

Badan tersebut telah memperkirakan konflik akan membuat sekitar 12 juta orang kehilangan tempat tinggal dan membutuhkan bantuan.

Pada Rabu (2/3/2022) Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan bahwa pihaknya mengonfirmasi 227 warga sipil telah tewas dan 525 terluka akibat serangan Rusia di Ukraina hingga Selasa (1/3/2022) tengah malam.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini