Share

Ritual Selesai, Pohon Keramat Berumur 450 Tahun Dievakusi Setelah 5 Hari Menutup Jalan

Jufri Tonapa, iNews · Jum'at 01 April 2022 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 340 2571473 ritual-selesai-pohon-keramat-berumur-450-tahun-dievakusi-setelah-5-hari-menutup-jalan-Z0IXZdo7BW.jpg Pohon beringin keramat tumbang akhirnya dievakuasi usai ritual adat dilakkukan (Foto : MPI/ Jufri)

TANA TORAJA - Evakuasi pohon beringin keramat berusia kurang lebih 450 Tahun akhirnya dievakuasi, usai menggelar ritual adat untuk memohon ijin untuk mengevakuasi pohon besar tersebut, Jumat (1/3/2022).

Pohon beringin besar tersebut diketahui dahulu dipakai untuk tempat pemujaan alut todolo di wilayah Kelurahan Tarongko, Kecamatan Makale, Tana Toraja.

Sebelumnya, pohon tersebut tumbang dan menutup badan jalan poros antar kelurahan, pada senin 28 Maret 2022. namun pohon keramat tersebut tidak dapat langsung dievakuasi oleh petugas lantaran masyarakat sekitar meminta untuk dilakukan ritual adat sebelum dievakuasi.

"hari ini telah dilakukan ritual adat oleh masyarakat sekitar, sehingga petugas BPBD Tana Toraja melakukan evakuasi pohon keramat tersebut, untuk membuka akses jalan poros bagi pengendara roda dua dan empat." Jelas, Alfian Andilolo, Kepala BPBD Tana Toraja kepada saat berada dilokasi.

Proses ritual adat dipimpin langsung oleh Tokoh adat Aluk Todolo, Tomina Nek Sando Tato Deda, dimana dalam proses ritual dikorbankan kurang lebih 10 ekor ayam serta beras ketan yang dimasak menggunakan bambu dilokasi pohon yang tumbang.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Ayam yang dikorbankan tadi itu jenis ayam rame, yang berkaki putih dan hitam. Dimana ayam yang berwarna kaki putih dipersembahkan untuk yang mahakuasa, sementara yang berkaki hitam untuk pata leluhur toraja." Ungkap, Daniel Linggi' Allo.

Setelah lima hari tertutup pohon tumbang, akhirnya poros Kelurahan Tarongko yang menghubungkan dengan Kelurahan Batupapan akhirnya terbuka dan dapat dilewati oleh warga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini