Share

Sakit dan Tidak Digaji, Fitriyani Minta Jokowi Pulangkan Dirinya dari Arab Saudi

Andrian Supendi, MNC Portal · Senin 04 April 2022 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 525 2573058 sakit-dan-tidak-digaji-fitriyani-minta-jokowi-pulangkan-dirinya-dari-arab-saudi-lV4cYQyDy7.jpg TKW Fitriyani/ Tangkapan layar media sosial

INDRAMAYU - Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Fitriyani (27) yang bekerja di Arab Saudi viral di media sosial usai memohon bantuan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dipulangkan ke Indonesia. Dia meminta untuk dipulangkan melalui rekaman video yang berdurasi 41 detik.

(Baca juga: Usai Pulang Jadi TKW, Masitoh Derita Gangguan Jiwa)

"Assalamu'alaikum, nama saya Fitriyani asal dari Indramayu, saya di Saudi Arabia Riyadh. Saya mohon kepada bapak Presiden Joko Widodo untuk bisa memulangkan saya ke tanah air Indonesia, alamat desa saya Desa Pangauban, RT 023 RW 012, Kecamatan Lelea, Indramayu," kata Fitriyani, dilihat dalam rekaman video, yang diterima MNC Portal, Senin (4/4/2022).

Fitriyani diberangkatkan pada bulan November 2021 ke Negara Arab Saudi melalui sponsor Aminah. Awalnya Fitriyani ditawarkan ke Negara Uni Emirat Arab, namun saat pasport selesai diproses oleh pihak sponsor, pada malam yang sama Fitriyani langsung diberangkatkan.

Pada saat itu pula Fitriyani baru mengetahui bahwa dirinya akan diberangkatkan ke Arab Saudi, berbeda dengan yang semula dijanjikan.

(Baca juga: Masjid di Saudi Pakai Speaker Luar, DMI: Tidak Sama dengan Indonesia!)

Fitriyani sempat bekerja selama tiga bulan di tempat majikan di Arab Saudi. Selama bekerja di sana komunikasi dengan keluarga pun lancar karena diperbolehkan menggunakan alat komunikasi.

Kendati tidak pernah mendapatkan kekerasan fisik dari majikan, namun selama bekerja Fitriyani tidak pernah memperoleh gaji dan selalu terlambat diberikan makan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Hal ini yang menyebabkan Fitriyani menderita sakit lambung (maag). Pada saat mengetahui Fitriyani dalam kondisi sakit, pihak majikan kemudian mengembalikan Fitriyani ke agency. Fitriyani pun belum pernah diperiksa ke Dokter ataupun Rumah Sakit. Dan saat ini Fitriyani masih berada di pihak agency.

Sementara saat dikonfirmasi, Staf Perlindungan layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) BP2MI Indramayu, Ali Imron, membenarkan atas kejadian tersebut.

Ia mengatakan, Fitriyani diberangkatkan oleh pihak sponsor secara unprosedural atau ilegal, karena saat ini wilayah Timur Tengah masih belum membuka para TKI untuk dipekerjakan di sana.

"Saat ini kita masih menunggu surat aduan itu diproses, namun kita akan mengupayakan agar bisa secepatnya dapat memulangkan Fitriyani ke Indonesia," ujar dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini