Share

Video Presiden Rusia Putin Dikelilingi Ajudan Tenteng Koper Nuklir

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 11 April 2022 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 18 2576818 video-presiden-rusia-putin-dikelilingi-ajudan-tenteng-koper-nuklir-It2qQg6NrX.jpg Ajudan Presiden Rusia Vladimir Putin tampak menenteng diduga koper komando nuklir saat hadir di pemakaman Vladimir Zhirinovsky.

JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin menarik perhatian saat tampil di publik dengan dikelilingi ajudan militer yang menenteng sebuah koper, diduga sebagai tas komando serangan nuklir, pekan lalu. Putin terlihat dengan detail pengamanan itu saat menghadiri pemakaman sekutu dekatnya, tokoh ultranasionalis Rusia Vladimir Zhirinovsky, yang meninggal dunia pada Rabu, 6 April 2022.

BACA JUGA: Dibalik Tas Kerja Nuklir Milik Presiden Rusia, Siap Hancurkan Dunia

Koper komando serangan nuklir adalah sebuah tas yang dapat digunakan pemimpin negara untuk mengotorisasi penggunaan senjata nuklir. Koper nuklir itu berisi kode rahasia untuk meluncurkan senjata pemusnah massal tersebut.

Tas ini memiliki kasing dengan kode kunci yang dipersonalisasi, berada di bawah pengawasan 24/7 dan sepenuhnya mengendalikan persenjataan nuklir Moskow. Koper ini dibawa petugas keamanan bersenjata yang menemani Putin ke mana pun dia bepergian.

BACA JUGA: Putin Perintahkan Pasukan Nuklir Strategis Siaga

Protokol ini juga digunakan di negara kekuatan nuklir lainnya, termasuk Amerika Serikat (AS).

Pemandangan tak biasa itu terlihat di saat Rusia terlibat dalam perang di Ukraina, yang memunculkan kekhawatiran akan memicu Perang Dunia Ketiga, bahkan perang nuklir.

Pada Maret, Putin telah memerintahkan pasukan deterrent nuklir strategis Rusia untuk siaga tinggi mengantisipasi pecahnya konflik langsung dengan negara Pakta Pertahananan Atlantik Utara (NATO) di Ukraina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini