Share

Gali Septic Tank, Warga Temukan Gua Diduga Tempat Pertapaan Zaman Kuno

Made Argawa, iNews · Rabu 13 April 2022 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 244 2578527 gali-septic-tank-warga-temukan-gua-diduga-tempat-pertapaan-zaman-kuno-Cc71B5b7bX.jpg Warga temukan gua saat gali septic tank (Foto: Made Argawa)

BALI - Seorang warga di Banjar Dalem, Desa Pejaten, Kabupaten Tabanan, Bali menemukan sebuah gua di pekarangan rumahnya ketika akan membuat lubang untuk septic tank.

Gua dengan diameter mencapai 1 meter ini masih diobservasi Balai Arkeologi dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali. Dugaan sementara, gua tersebut merupakan tempat bertapa pada zaman kuno.

Penampakan gua memiliki dalam sekitar 7 meter. Kemudian, memiliki lebar pada bagian dasarnya mencapai sekitar 5x7 meter.

 BACA JUGA:HUT ke-76, Sejarah TNI AU hingga Menjadi Macan Asia di Era Bung Karno

Hingga saat ini, masih belum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait keberadaan gua yang sementara disimpulkan sebagai tempat bertapa ini. Pada bagian dasar gua terdapat endapan lumpur dan dibiarkan mengering sehingga aman untuk dijelajahi.

Selain itu, gua ini diduga masih memiliki jalur memanjang ke arah selatan yang panjangnya sekitar 10 meter. Ditemukan juga empat ceruk.

Ceruk pertama ada di sisi utara dengan ketinggian 1,2 meter dan lebar 1,4 meter. Kedua di sebelah timur dengan ukuran 1,3 meter dan lebar 1,2 meter.

Sementara ceruk ketiga bersebelahan dengan ceruk kedua. Tingginya 1,1 meter dan lebar 1,1 meter. Sedangkan ceruk keempat di sebelah ceruk ketiga dengan ukuran 1,2 meter dan lebar 1,9 meter.

Warga pemilik lahan, I Ketut Nada mengatakan, di sekitar lokasi gua memang terdapat lima lokasi yang disucikan warga. Pada lima lokasi ini, berupa pura yang memiliki sumur, tugu batu atau menhir hingga lingga yoni.

Ketut Nadha mengatakan, tidak ada yang tahu seperti apa awal keberadaan pura atau benda prasejarah di sekitar tempat tinggalnya. Setelah ditemukan adanya gua, ia meyakini jika semua tempat itu memiliki kaitan.

 BACA JUGA:Misteri Kutukan Pemberontakan di Mataram Kuno yang Berujung Terkena Letusan Gunung Merapi

Saat ini, gua yang ditemukan tersebut hanya ditutupi dengan seng. Sementraa proses penelitian masih menunggu langkah selanjutnya dari Balai Arkeologi dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali.

Ketut Nandha mempersilakan jika ada warga yang penasaran dan ingin melihat gua tersebut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini