Share

350 Sapi di Kabupaten Bandung Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku

Erick Fahrizal, iNews · Jum'at 27 Mei 2022 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 525 2601091 350-sapi-di-kabupaten-bandung-terpapar-penyakit-mulut-dan-kuku-OLM1KvHkAy.jpg 350 sapi di Kabupaten Bandung terjangkit PMK (Foto : MPI)

BANDUNG - Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, tengah mewabah di Indonesia. Di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sebanyak 350 ekor sapi terpapar PMK.

"Lihat data kemarin sore itu ada 350 ekor, 5 ekor mati, 5 disembelih kemudian 20 sembuh," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Tisna Umaran, saat ditemui di lapangan Upakarti, Soreang, Jumat (27/5/2022).

Menurut Tisna, kasus PMK di Kabupaten Bandung terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam dua hari terakhir. Dari yang sebelumnya terkonfirmasi 270 kasus, kini meningkat menjadi 350 ekor atau terjadi penambahan 80 kasus.

"Peningkatan dari hari sebelumnya yang 270, sekarang 350, atau 80 ekor per-hari," kata Tisna.

Saat ini, pihaknya tengah meminta bantuan kepada Pemerintah pusat berupa vaksin, antibiotik dan vitamin.

"Saya meminta kepada pusat dan Provinsi bantuan berupa antibiotik dan vitamin. Kemdian kita juga meminta vaksin," ujar Tisna.

Selain itu, Tisna menyarankan agar para peternak memberikan ramuan herbal seperti kunyit, rebusan daun salam dan serai guna meningkatkan imunitas sapi.

"Seperti ramuan herbal kunyit, rebusan daun salam sama serai, aman," ujarnya.

Dinas Pertanian Kabupaten Bandung sendiri, telah membentuk tim dokter hewan untuk melakukan penanganan dan penyuluhan kepada para peternak, dan akan melakukan pengawasan intensif terhadap sapi-sapi yang berasal dari luar daerah.

"Kami membentuk tim dokter hewan kemudian ada penyuluh untuk memberikan pengetahuan kepada peternak. Kami juga melakukan pengawasan intensif terhadap sapi yang didatangkan dari luar daerah," kata Tisna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini