Share

Iran Pamerkan Pangkalan Drone Bawah Tanah Rahasia, Tersembunyi di Bawah Gunung

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 30 Mei 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 18 2602249 iran-pamerkan-pangkalan-drone-bawah-tanah-rahasia-tersembunyi-di-bawah-gunung-XkpdQY9Mkl.jpg Foto: Twitter/@inbarspace.

TEHERAN – Iran memamerkan pangkalan pesawat tak berawak (drone) bawah tanahnya, salah satu dari beberapa yang ada di negara itu. Tayangan televisi pemerintah menunjukkan gambar-gambar dari salah satu pangkalan tersebut dimana puluhan drone disimpan.

Meski nama dan lokasi pangkalan tersebut tidak diungkap, reporter mengatakan bahwa dia diangkut ke sana melalui udara dari kota Kermanshah di Iran barat, dan disembunyikan di suatu tempat di tengah pegunungan Zagros, demikian diwartakan Sputnik. 

Menurut media tersebut, sekira 100 drone ditempatkan di fasilitas bawah tanah, yang berisi terowongan panjang lebar yang diisi dengan drone dan rudal, semuanya terlindung dari serangan udara tak terduga seperti dari Israel.

Di antara drone-drone tersebut terdapat Ababil-5, versi terbaru dari UAV taktis Ababil, yang dilaporkan dipersenjatai dengan rudal Qaem-9. Yang terakhir ini mirip dengan rudal presisi AGM-114 Hellfire 45 kg yang diproduksi oleh Amerika Serikat (AS).

BACA JUGA: Iran Pamerkan Drone Tempur Canggih 'Gaza' yang Bisa Menjangkau Tel Aviv

Produksi drone militer adalah salah satu bidang di mana industri pertahanan Iran telah mencapai kemahiran tinggi di tengah upaya negara itu untuk menggantikan pemasok asing yang dibatasi oleh sanksi internasional.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini